Rencana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Angkat Bicara

Rencana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Angkat Bicara

Airlangga hadiri simulasi makan siang gratis Prabowo-Gibran di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang --Foto: Instagram @medantalk

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI), Dudung Nurullah Kuswara mengkritisi rencana menggunakan dana BOS untuk program makan siang gratis

Menurutnya penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah untuk program baru itu kurang logis.

"Dana BOS selama ini digunakan sekolah untuk membayar gaji guru honorer, memperbaiki sekolah jika ada kerusakan, kegiatan PPDB, program ekstra kurikuler dan lainnya."

BACA JUGA:Intip Simulasi Menu Uji Coba Program Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curuq Tangerang

"Jika kemudian dana BOS dikurangi lagi untuk makan siang gratis, itu sangat berat buat sekolah,” kata Dudung.

Menurutnya, besaran dana BOS dari APBN saat ini berkisar Rp 51 triliun. Jumlah itu terdiri dari BOS reguler, BOS afirmasi, dan BOS PAUD.

Dia menyarankan, jika memang dana BOS akan diutak atik untuk program makan siang gratis, maka dana BOS regular jangan diganggu. Bisa digunakan ada dana BOS tambahan dari Afirmasi.

BACA JUGA:Menko Airlangga Hartarto Buka Suara Soal 70,5 Juta Penerima Program Makan Siang Gratis

"Dana BOS Afirmasi tersebut nantinya tidak seperti sekarang, dimana hanya diberikan kepada sekolah yang memenuhi persyaratan khusus. Kan program makan siang gratis ini dilakukan untuk semua sekolah,” jelas Dudung, mengutip perbincangan dengan RRI Pro 3, Minggu 3 Maret 2024. 

Intinya, kata Dudung, menggunakan dana BOS sebagai salah satu alternatif pembiayaan program makan siang gratis akan menyulitkan sekolah. 

Sebaiknya program ini lanjut Dudung, direncanakan dengan matang dan dihitung serta direncanakan darimana anggarannya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. 

Program makan siang gratis merupakan program unggulan dari capres-cawapres 02 Prabowo-Gibran.

Airlangga Hartarto mengungkapkan sumber anggaran untuk memenuhi program makan siang sebesar Rp15.000 per anak tersebut sangat memungkinkan berasal dari dana BOS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: