Mengenal Susu Ikan, Program Minuman Sehat yang Sedang Viral Dibahas, Apa Bedanya dengan Susu Sapi?

Mengenal Susu Ikan, Program Minuman Sehat yang Sedang Viral Dibahas, Apa Bedanya dengan Susu Sapi?

Foto Ilustrasi: Susu--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Susu ikan tengah menjadi sorotan publik setelah menjadi salah satu bahan alternatif dalam program penyediaan susu gratis yang diusung oleh presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) atau ID Food bahkan sedang mengkaji susu ikan sebagai alternatif gizi dalam 'Program Makan Bergizi Gratis' yang akan datang. Namun, apakah susu ikan bisa jadi alternatif susu sapi yang sudah kita kenal selama ini?

Susu ikan merupakan produk inovasi yang telah diluncurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sejak 2023 sebagai salah satu upaya hilirisasi sektor perikanan.

Ide pembuatan susu ikan muncul karena Indonesia kerap mengimpor produk luar negeri, termasuk sapi dan produk susu. Padahal, Indonesia kaya akan sumber daya alam, termasuk ikan yang termasuk hasil laut dengan nilai gizi tinggi.

Inovasi susu ikan menjadi bukti bahwa masyarakat mampu mengolah sumber daya alam lokal. Hal ini menjadikannya sebagai produk bernilai ekonomi tinggi. Selain itu, program hilirisasi dapat menurunkan angka impor sehingga dapat menstabilkan perekonomian negara.

BACA JUGA:

Jadi, susu ikan bukanlah susu yang dihasilkan ikan. Produk ini sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai minuman protein dengan bahan dasar ikan.

Istilah ‘susu’ sengaja digunakan karena memiliki karakter mirip seperti susu hasil perahan hewan mamalia. Selain itu, susu dikenal sebagai minuman bergizi tinggi sehingga penggunaan istilah bisa menarik perhatian pasar.

Susu ikan bisa dikonsumsi semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Tak hanya itu, susu ini juga diklaim tidak bau amis meskipun terbuat dari ikan. Bahkan tersedia rasa cokelat dan stroberi.

Menariknya, susu ikan rupanya salah satu dari sekian banyak produk turunan HPI. Selain susu ikan, HPI dikembangkan dalam bentuk produk pangan dan non-pangan. Misalnya produk farmasi, pupuk, dan pakan.

Dalam hal kesehatan, EPA DHA bermanfaat menyehatkan sistem kardiovaskular. Seperti mendukung fungsi jantung dan mencegah peradangan. EPA DHA juga berperan penting dalam perkembangan janin, mengoptimalkan fungsi kognitif anak, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, susu ikan diklaim bebas alergen sehingga aman dikonsumsi siapa saja. Susu ikan juga mudah dicerna tubuh dan memiliki tingkat penyerapan protein hingga 96%. Protein dikenal sebagai salah satu zat gizi yang berperan penting dalam kesehatan.

Protein berfungsi sebagai sumber energi, meningkatkan imunitas tubuh, hingga mendukung pemeliharaan jaringan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: