Jadi Hakim ZAHF, Megawati Soekarnoputri Akan Bertemu Paus Fransiskus Senin Besok

Jadi Hakim ZAHF, Megawati Soekarnoputri Akan Bertemu Paus Fransiskus Senin Besok

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendapat kehormatan untuk menjadi juri dari Zayed Award Human Fraternity (ZAHF) yang merupakan Lembaga Kemanusiaan Internasional.

Dalam jadwal tersebut, Megawati Soekarnoputri juga diagendakan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus di Santo Basilica, Vatikan pada hari Senin, 18 Desember 2023.

Diketahui Megawati Soekarnoputri selama berada di Roma akan mengikuti persidangan sebagai juri dari ZAHF yang akan digelar pada tanggal 17 hingga 19 Desember 2023.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri yang juga Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah pada Minggu, 17 Desember 2023 di Roma, Italia.

BACA JUGA:Anies Belum Ada Jadwal Kampanye ke IKN

Ahmad Basarah menjelaskan penghargaan ini didedikasikan untuk memperingati pertemuan bersejarah antara Imam Besar Al Azhar YM Ahmed Al-Tayeb dan YM Paus Fransiskus yang terjadi pada tanggal 4 Februari 2019. 

Dari hasil pertemuan tersebut, menghasilkan dokumen Persaudaraan Umat Manusia. Dan sekaligus sebagai penghormatan terhadap almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang merupakan pendiri Uni Emirat Arab

Diketahui, YM Ahmed Al-Tayeb dan YM Paus Fransiskus adalah penerimaan penghargaan pertama dari Zayed ini.

Sekretaris Jendral (Sekjen) ZAHF, Mohamed Abdelsalam mengatakan bahwa setiap tahun ZHF mengadakan seleksi untuk memilih tokoh-tokoh di dunia. Baik perseorangan maupun suatu organisasi yang dianggap telah berjasa bagi perjuanagn kemanusiaan dan persaudaraan antar umat manusia untuk mendapatkan penghargaan (Award).

Namun untuk menentukan tokoh yang berhak untuk mendapatkan penghargaan tersebut, ZAHF menunjuk hakim atau juri yang dipilih dari tokoh-tokoh penting dunia yang dianggap memiliki kredibilitas bagus dan dianggap telah berperan positif bagi negara maupun dunia.

BACA JUGA:Pangeran Arab Saudi Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Jet Tempur F-15

Pada tahun 2023 ini, ZAHF memilih Megawati Soekarnoputri dari Indonesia sebagai salah satu hakim atau juri dari lembaga yang terhormat ini.

Tidak hanya Megawati, ada 5 juri ZAHF lainnya, berikut daftar jurinya:

1. YM Hakim Muhammada Abdelsalam Sekretaris Jenderal Dewan Tetua Muslim Dunia, Sekaligus Sekretaris Jenderal ZAHF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: