Cara Mudah Cek BPKB Asli atau Palsu saat Membeli Mobil Bekas

Cara Mudah Cek BPKB Asli atau Palsu saat Membeli Mobil Bekas

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Membeli mobil bekas terkadang malah lebih menguntungkan,yang penting Anda mesti ekstra teliti dalam melakukan cek BPKB asli kendaraan tersebut. Jangan sampai tertipu BPKB palsu atau abal-abal. Di artikel RadarPena hari ini akan kita ulas cara cek BPKB asli atau palsu. Ikuti artikelnya ya.

Kebutuhan akan kendaraan biasanya sudah mulai di rasa perlu apabila sudah berkeluarga dan mempunyai momongan. Mobil sebagai alat angkut keluarga biasanya di butuhkan untuk jalan-jalan di akhir pekan bersama keluarga.

Tetapi tidak semua mampu membeli mobil baru, biasanya solusi membeli mobil second jadi pilihan yang realistis. Ada juga yang sudah berniat membeli cash walau mobil second, biar gak punya cicilan jadi solusi yang pas di kantong tentunya.

Nah pada saat akan membeli mobil bekas tentunya dilakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu dan yang paling penting adalah cek kelengkapan surat-surat kendaraan berupa STNK dan BPKB kendaraan

BACA JUGA:

BPKB alias buku pemilik kendaraan bermotor menjadi salah satu dari dua surat kendaraan yang wajib diperhatikan sebelum pembelian kendaraan bekas.

Surat lainnya adalah STNK. Salah langkah dengan membeli kendaraan bekas dengan BPKB palsu bisa menimbulkan kerugian karena pada saat jatuh tempo pajak, Anda akan dianggap bukan pemilik resmi dari kendaraan tersebut.  

Masalahnya, saat ini ada saja oknum yang memalsukan dokumen penting terkait kendaraan tersebut. Jangan sampai Anda menjadi korban yang mendapati kerugian karena membeli kendaraan dengan BPKB palsu dari oknum-oknum tersebut. Pengetahuan mengenai cara mengecek BPKB asli pun menjadi sangat krusial bagi yang saat ini tengah mencari mobil bekas.  

Cara Cek BPKB Asli saat Beli Mobil Bekas  

Ketika sudah naksir dengan sebuah mobil bekaslah dan sesuai dengan harganya, segera lakukan pengecekan terkait BPKB mobil tersebut.

Anda bisa meminta BPKB dari penjual untuk memeriksa hal-hal di bawah ini guna memastikan BPKB yang diberikan asli atau palsu.  

1.  Sampul harus Mengkilap  

Keaslian BPKB ternyata sangat mudah terlihat dari bagian sampulnya. BPKB yang asli cenderung memiliki bagian sampul yang mengkilap.

Anda bisa memastikan kilap sampul tersebut dengan melihat BPKB di area yang terang atau di bawah sinar matahari. Sampul BPKB yang asli akan cenderung menjadi lebih terang dan bercahaya apabila dilihat di bawah sinar matahari. 

2.  Pastikan Warna Hologram tidak Berubah   

Hologram pada BPKB menjadi salah satu hal yang sering dilihat orang untuk melakukan cara cek BPKB mobil asli atau tidak. BPKB asli akan memiliki hologram dengan warna abu-abu.  

Namun, keberadaan hologram berwarna abu-abu tidak serta merta membuat BPKB itu benar-benar asli. Pastikan juga warna hologram tidak berubah saat diterawang. Jika warna hologram berubah ketika Anda menerawangnya, bisa dipastikan BPKB yang diberikan adalah BPKB kendaraan yang palsu.  

3.  Cek Nomor Seri 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: