Penampakan Ijazah Gibran Rakabuming di Acara Mata Nazwa, Dokter Tifa Bungkam

Penampakan Ijazah Gibran Rakabuming di Acara Mata Nazwa, Dokter Tifa Bungkam

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Cawapres gibran Rakabuming menanggapi dengan santai tudingan ijazah palsu yang ramai di jagat twiter (X) akhir-akhir ini.

Paslon cawapres pasangan Prabowo Subianto ini di tuding menggunakan ijazah palsu oleh akun dokter Tifa, hal ini sontak menimbulkan keriuhan di twiter.

Putra presiden Jokowi ini menanggapi tudingan itu dengan menjawab pada acara "13 Tahun Mata Najwa" yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Minggu, 19 November 2023 malam. 

"Nah ini baru lulus (sebuah foto wisuda), oh iya tahan dulu mbak. Foto ini lagi dipermasalahkan, katanya fotonya editan sama ijazah nya palsu. Gapapa besok temen-temen media seperti biasa jam 7 pagi di Balaikota ntar saya bawain ijazah saya, ya. Dicek aja,” jelas Gibran.

BACA JUGA:

“Kalau emang enggak percaya, saya pesenin aja tiket ke Singapura, datang langsung ke sekolah,” tambahnya.

Gibran menanggapi isu tersebut dengan santai, karena menurutnya isu seperti ini merupakan sebuah isu lucu-lucuan dan tidak merasa dirugikan terkait isu tersebut.

Sebab, apabila memang ijazah nya terbukti palsu maka seharusnya KPU sudah mempermasalahkan hal itu sejak pendaftaran bakal pasangan Capres dan Cawapres.

“Saya anggap lucu-lucuan aja, karena baru sekarang dipermasalahkan,” kata Gibran.

Sebelumnya, ayah dari Gibran yaitu Presiden Jokowi juga sempat mendapatkan serangan isu yang lagi-lagi mengatakan bahwa ijazah yang Presiden Jokowi miliki itu ialah ijazah palsu.

Tuduhan soal ijazah palsu bermula dari akun dokter Tifa. Melalui akun Twitternya, @DokterTifa, ia mempertanyakan keabsahan ijazah S1 putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kini menjadi calon Wakil Presiden Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 ini. 

Dalam unggahannya, Dokter Tifa menuding ijazah Gibran palsu dan hanya lulusan program studi yang setara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tudingan itu sudah di jawab oleh cawapres pasangan Prabowo Subianto ini.

Berikut perkembangan fakta-fakta terkait tudingan ijazah Gibran yang dihimpun dari berbagai sumber;

1.  Riwayat pendidikan di situs Pemkot Solo

Merujuk pada situs pemkot Solo pada laman profil pimpinan, tertulis riwayat pendidikan Gibran yang merupakan putra kelahiran asli Surakarta yang lahir pada 1 Oktober 1987.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: