Simak Tips Membasmi Kutu Busuk yang Efektif Berikut! Gatal - Gatal Menyingkir

Simak Tips Membasmi Kutu Busuk yang Efektif Berikut!  Gatal - Gatal Menyingkir

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kutu Busuk merupakan serangga kecil yang memiliki ukuran 5 milimeter (mm). Agak berbeda dengan tungau yang ukurannya sangat kecil dan tidak langsung terlihat oleh mata.

Meskipun terbilang kecil, kutu kasur ini cukup berbahaya dan dapat berkembang biak dengan cepat. Hama kutu busuk banyak ditemui di rumah, gedung perkantoran, atau tempat manusia beraktivitas lainnya.

Mereka biasa tinggal di atas permukaan kasur, bantal, dudukan sofa, di balik lukisan atau poster, bahkan di celah dinding.

Kutu busuk memiliki enam kaki, tanpa sayap, dua mata hitam menonjol, tonjolan di cangkangnya, dan paruh kecil di ujung mulut untuk menusuk kulit dan mengeluarkan makanan darah.

BACA JUGA:

Kutu busuk terutama aktif pada malam hari dan lebih menyukai area gelap tempat manusia tidur karena hal ini memungkinkan hama keluar dan memakan darah manusia saat kita sedang tidur.

Namun, kutu busuk dapat beradaptasi dan akan meniru pola tidur inangnya alias kita. Meski ukuran tubuhnya kecil namun gigitan serangga yang satu ini dapat membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman saat tidur di malam hari.

Kutu busuk dapat menggigit manusia dan dapat menimbulkan rasa gatal dan bercak kemerahan pada kulit tangan, kaki, maupun leher. 

Kutu busuk yang bersarang di rumah dapat diketahui dari timbulnya noda kemerahan pada kasur, sofa, atau benda dengan permukaan halus.

Melansir dari situs Healthline, kutu busuk sangat tertarik dengan panas tubuh dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. 

Maka dari itu, serangga ini cenderung tinggal di tempat yang banyak dihuni oleh manusia. Lantas, bagaimana sih cara membasmi kutu busuk yang ada di rumah kita? Simak ulasan artikel dibawah ini!

Tips Membasmi Kutu Busuk

  • Semprotkan Tea Tree Oil 

Tea tree oil digunakan sebagian orang sebagai bahan perawatan kulit agar wajah terhindar dari jerawat, eksim, dan supaya luka cepat sembuh. Namun, di balik manfaat tea tree oil untuk kulit, minyak yang berasal dari daun Melaleuca alternifolia ini juga bisa digunakan untuk mengusir kutu busuk. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tersebut pada permukaan benda di rumah.

  • Menebar Kapur Barus

Cara membasmi kutu kasur yang pertama adalah dengan menggunakan kapur barus. Jenis kapur ini sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang murah. Cara penggunaannya, cukup sebarkan kapur barus di sejumlah titik tempat kutu kasur bersembunyi. Tunggu selama beberapa menit, kapur barus akan menjadi racun untuk kutu kasur sehingga mereka akan mati.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: