28 November Memperingati Hari Apa? Cek Selengkapnya di Sini!

28 November Memperingati Hari Apa? Cek Selengkapnya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 yang ditandatangani oleh mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Berbagai hari peringatan dan perayaan baik di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia bertepatan dengan tanggal 28 November.

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui peringatan hari apa saja di tanggal 28 November 2023.

BACA JUGA:

Pada Hari Menanam Pohon Indonesia, kegiatan yang dilakukan adalah menanam pohon yang akan berlanjut selama bulan Desember yang menjadi Bulan Menanam Pohon Nasional. Tepat pada tanggal 28 November 2008, ditetapkan Hari Menanam Pohon Indonesia melalui Keputusan Presiden untuk mengupayakan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. Melalui kegiatan tersebut, Indonesia mengupayakan antisipasi terhadap perubahan iklim, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang menyebabkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

 

Melansir laman National Today, pada tanggal 28 November menjadi peringatan Hari Kemerdekaan bagi negara Albania dan Mauritania. Albania telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Ottoman pada tanggal 28 November 1912 yang ditandai dengan pengibaran bendera Albania di Vlora. Sementara Mauritania juga memperingati hari kemerdekaan pada tanggal 28 November setelah memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960. Mauritania adalah negara yang dua pertiga wilayahnya terletak di Gurun Sahara dan kini memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam.

 

Berdasarkan informasi dari situs National Today, Giving Tuesday diperingati pada hari Selasa setelah Thanksgiving. Pada hari ini, masyarakat dapat menyumbangkan uang untuk beramal dan menjadi sukarelawan. Selain itu masyarakat dapat memberi barang seperti pakaian bagi orang-orang yang membutuhkan atau kepada lembaga dan instansi yang berkaitan. Giving Tuesday ditetapkan sejak tahun 2012 oleh 92nd Street Y yang bekerja sama dengan United Nations Foundation. Hari perayaan ini ditujukan untuk menginspirasi masyarakat dan perusahaan untuk menunjukkan aksi positif yang dapat berdampak baik bagi orang lain.

BACA JUGA:

Dari situs yang sama dijelaskan, tanggal 28 November juga diperingati sebagai Hari Planet Merah. Hari ini bertujuan untuk merayakan sebuah planet yang telah memikat para pengamat manusia selama bertahun-tahun, yakni planet Mars. Selama berabad-abad, mata telanjang manusia telah mampu mendeteksi semburat kemerahan planet keempat tata surya ini yang berkilauan di langit malam. Tidak banyak diketahui para ilmuwan, warna merah di permukaan Mars berasal dari oksida besi atau karat yang umum ditemukan di planet tersebut. Pada Hari Planet Merah ini, manusia akan merayakan kekagumannya pada planet Mars, bersama dengan semua kemajuan ilmiah dalam memahami planet berdebu ini.

Itulah, beberapa informasi terkait ulasan artikel di atas mengenai peringatan hari di tanggal 28 November 2023. Semoga artikel diatas dapat membantu, terimakasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: