10 Negara Terkuat di Bidang Ekonomi dan Politik di Dunia, Indonesia Ranking Berapa?

10 Negara Terkuat di Bidang Ekonomi dan Politik di Dunia, Indonesia Ranking Berapa?

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - US News & World Report merilis daftar negara-negara terkuat di dunia pada 2023 yang di dasari oleh sejumlah faktor seperti kekuatan politik, ekonomi, dan militer.

Menurut analisanya, negara yang dikatakan kuat secara konsisten dapat mempengaruhi kebijakan luar negeri, serta membentuk pola ekonomi global.

Artinya, ketika negara-negara superpower ini membuat kebijakan atau janji, setidaknya sebagian besar komunitas internasional dapat menerima dan menepatinya.

Jika dilihat secara posturnya, Amerika Serikat (AS), China, dan Rusia menempati 3 peringkat teratas sebagai negara terkuat di dunia 2023.

BACA JUGA:Konflik Jokowi vs PDIP Memanas! Sejumlah Menteri Ingin Mundur dari Kabinet: Kalau Sudah Tak Sejalan Silahkan Ditarik!

Berikut 10 negara terkuat di dunia:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati peringkat pertama dan disebut sebagai kekuatan global yang dominan.

AS memiliki perekonomian terbesar dalam hal PDB (produk domestik bruto), kuat secara teknologi, dan memiliki peran utama dalam organisasi internasional seperti PBB dan NATO.

Negara ini adalah produsen minyak dan gas alam terbesar, memiliki cadangan batu bara terbesar.

2. China

China kini menjelma sebagai negara terbesar kedua di dunia berdasarkan luas daratan dan memiliki ekonomi terbesar terkuat kedua di dunia.

Pertumbuhan ekonominya termasuk salah satu yang tercepat di dunia sejak reformasi 1978, yang diakui mampu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan.

China memiliki senjata nuklir dan juga merupakan anggota organisasi internasional besar seperti Organisasi Perdagangan Dunia dan Dewan Keamanan PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: