Tugas, Wewenang dan Kedudukan Wakil Presiden di Indonesia, Apa Saja?

Tugas, Wewenang dan Kedudukan Wakil Presiden di Indonesia, Apa Saja?

Wakil presiden berwenang untuk membantu presiden dalam tugas yang sudah tercantum di dalam undang-undang.

 

2.  Menjadi Wakil Presiden

Wewenang wakil presiden, yaitu mewakili atau menggantikan presiden ketikan melaksanakan tugas, kewajiban, dan wewenang jabatan presiden.

Akan tetapi, wakil presiden bisa melakukan ini jika sebelumnya sudah mendapatkan perintah atau diberikan kuasa oleh presiden.

 

3.  Jabatan yang Mandiri

Jika wakil presiden diminta oleh perorangan ataupun organisasi sebagai tamu atau pembicara. Dalam hal ini wakil presiden melakukan kegiatan secara mandiri dan tidak memerlukan persetujuan atau perintah dari presiden.

 

4.  Pengganti Presiden

Wakil presiden tidak lagi disebut sebagai wakil presiden tetapi sudah menjadi presiden dan tidak melakukan rangkap jabatan dengan alasan yang sudah diatur.

 

Kedudukan Wakil Presiden

Presiden dan wakil presiden merupakan pejabat dalam lembaga negara yang disebut lembaga kepresidenan. Kedudukan wakil presiden tidak dapat dipisahkan dengan presiden.

Keduanya merupakan satu kesatuan jabatan sebagai pasangan yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum.

 

BACA JUGA:

 

Menurut Ni’matul Huda, ada dua kemungkinan terkait kedudukan wakil presiden, yakni kedudukannya sederajat dengan presiden atau kedudukannya di bawah presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: