Berikut 9 Fakta Sayur Wortel Selain Untuk Mata, Yuk Intip Apa Saja

Berikut 9 Fakta Sayur Wortel Selain Untuk Mata, Yuk Intip Apa Saja

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seperti yang diketahui wortel merupakan sayuran yang populer di seluruh dunia dan sering digunakan dalam berbagai masakan.

Sayur wortel cerah ini tidak hanya enak dan bergizi, tapi juga mengandung banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui.

Dibawah ini merupakan fakta sayur wortel selain untuk mata;

1. Sumber beta-karoten

Wortel kaya akan beta-karoten, senyawa pigmen alami yang memberi warna oranye pada sayuran ini.

Beta-karoten merupakan provitamin A yang artinya dapat diubah oleh tubuh  menjadi vitamin A yang  penting untuk kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel.

BACA JUGA:

2. Lebih dari satu warna

Meskipun wortel oranye adalah yang paling umum, wortel sebenarnya memiliki beragam warna, termasuk ungu, kuning, merah, dan putih. Setiap varietas memiliki profil nutrisi yang sedikit berbeda.

3. Karotin

Nama "negara wortelquot; sebenarnya berasal dari kata Yunani "karoten.danquot; Hal ini terkait dengan senyawa karotenoid, seperti beta-karoten, yang memberi warna khas pada wortel.

4. Wortel membentuk ratusan varietas

Lebih dari 100 varietas atau varietas wortel yang berbeda telah dikembangkan. Beberapa varietas dikembangkan untuk rasa yang lebih manis, sementara varietas lainnya hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

5. Dari Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: