7 Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Detoks Alami

7 Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya  Detoks Alami

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.-Foto: Unsplash.com/NickFewings-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Wortel menjadi salah satu sayur yang populer akan gizinya yang tinggi. Sedari kecil, para orangtua sudah mengenalkan Wortel dalam menu MPASI untuk buah hatinya karena nutrisinya bisa mendukung pertumbuhan.

Selain sebagai MPASI, wortel banyak ditemukan pada menu masakan, seperti sayur berkuah, tumisan, isian martabak, dibuat jus, smoothies, bahkan dinikmati langsung.

Lebih dari itu, wortel ini kaya akan vitamin dan sumber nutrisi, wortel ini menyimpan kandungan serat, kalium, mangan, fosfor, tembaga, serta vitamin B6, C, dan K.

Berikut, merupakan manfaat jus wortel untuk kesehatan kulit dan tubuh jika kita mengonsumsinya secara rutin.

BACA JUGA:

Mengurangi Jerawat

Manfaat jus wortel untuk kulit yang kedua yaitu mengurangi jerawat. Kandungan beta karoten dalam jus wortel mampu mengontrol produksi sebum dan mengurangi timbulnya jerawat. Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan untuk minum jus wortel sembari mengoleskannya secara topikal ke kulit. Jika dilakukan secara konsisten, jerawat akan semakin berkurang dan kulit akan tampak lebih halus dalam beberapa bulan. Seorang dermatologist bernama Dr. Purvisha Patel merekomendasikan orang-orang yang sedang berjuang dengan jerawat untuk membuat dan menggunakan masker DIY dari jus wortel. Cukup campurkan 1 cangkir jus wortel kental dengan 1 sendok teh tepung buncis dan 1 sendok teh kunyit sampai konsistensinya halus. Aplikasikan masker ini ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

Sebagai Detoks Alami

Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh membutuhkan bantuan ekstra untuk membersihkan diri. Dengan konsumsi jus wortel yang memiliki sifat detoksifikasi menjadi pilihan ideal untuk membersihkan tubuh secara alami. Serat dalam jus wortel membantu proses pencernaan, memastikan bahwa racun-racun tidak terjebak dalam sistem pencernaan. Bersama dengan vitamin dan mineral lainnya, jus wortel membantu menyegarkan tubuh secara keseluruhan.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel yang satu ini memang benar terbukti. Pasalnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata. Di samping itu, kandungan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan bisa melawan stres oksidatif yang mungkin merusak sel-sel mata. Rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi mata dari penyakit katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: