BLT Dan Bansos Dampak El Nino Akan Cair Di November Sampai Desember 2023, Cek Persyaratannya Dan Dapatkan Segera!

BLT Dan Bansos Dampak El Nino Akan Cair Di November Sampai Desember 2023, Cek Persyaratannya Dan Dapatkan Segera!

"Ini penyebabnya El Nino yang mempengaruhi masa panen, maka kita harus membantu dari sisi suplai.  Impor beras yang menjaga stok beras Indonesia harus aman, namun karena harga beras meningkat dan daya beli masyarakat menengah bawah rentan, maka kita berikan bantuan beras. Ada 21,3 juta KPM," rincinya.

 

"Ini keluarga PKH dan keluarga-keluarga yang selama ini mendapatkan bantuan sembako dari APBN kita secara langsung. 

APBN memberikan bantuan setiap KPM ini 10 kg setiap bulan, dari September 2023-Desember 2023, 4 bulan, karena El Nino mengalami dampak cukup panjang," sambung Sri Mulyani.

Sang Bendahara Negara itu menyampaikan program bansos beras bakal dipimpin oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). 

Untuk memuluskan program ini, Sri Mulyani menambahkan anggaran Rp2,67 triliun ke Bapanas.

BACA JUGA:

 

Keterangan Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Perekonomian

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI) menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino bagi 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama November hingga Desember 2023.

BLT El Nino adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang termasuk dalam kategori ekonomi tidak mampu, agar dapat bertahan dalam menghadapi fenomena El Nino yang ditandai dengan kemarau panjang, yang sekian lama memengaruhi seluruh wilayah Indonesia.

Informasi tersebut sebelumnya telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto setelah menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023 di Hutan Kota Plataran GBK, Jakarta Pusat, pada Selasa 24 Oktober 2023 yang lalu.

 

Airlangga menerangkan, BLT akan diberikan sebesar Rp200 ribu per bulan.

Syarat penerima BLT El Nino ialah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

 

"Ada bantuan langsung tunai untuk El Nino. Itu sedang kita matangkan di Menteri Keuangan (Sri Mulyani). Penerimanya nanti kelompok masyarakat juga, yang menerima PKH," terang Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: