Novena Tiga Salam Maria, Doa Permohonan Pertolongan Dalam Kesesakan yang Dikabulkan

Novena Tiga Salam Maria, Doa Permohonan Pertolongan Dalam Kesesakan yang Dikabulkan

Tidak hanya kepada Santa Mechtildis, penampakan Bunda Maria yang menjelaskan mengenai doa tiga salam maria juga dialami oleh Santa Gertrude of Helfta atau lebih dikenal dengan nama Santa Gertrudis. Santa Gertrudis menjelaskan bahwa dalam penampakannya Bunda Maria berjanji akan melindungi pada saat kematian bagi para pendoa Tiga Salam Maria.

Doa Novena Tiga Salam Maria ini menjadi populer karena pewartaan oleh Santo Ignatius dari Padua, Santo Alphonsus Liguori, Santo Don Bosco, dan Santo Leonard dari Port Maurice. Dalam prakteknya Doa Novena Tiga Salam Maria banyak digunakan sebagai doa permohonan khususnya bisa seseorang berada dalam kesulitan, atau butuh pertolongan, atau sedang mengharapkan anugerah yang besar. 

 

Para santo mengajarkan agar praktek Doa Novena Tiga Salam Maria ini juga diiringi dengan sakramen pertobatan, sakramen ekaristi, dan puasa. Selain itu ada juga ajaran agar doa ini dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, atau malam hari menjelang tidur.

Ada berbagai ragam teks atau rumusan doa yang mengiringi doa novena Tiga Salam Maria. Memang tidak ada standar baku mengenai rangkaian doa ini selain kewajiban mendaraskan doa tiga kali salam maria itu sendiri. 

Teks Doa Novena Tiga Salam Maria berbahasa Indonesia dirumuskan oleh Komisi Liturgi Konferensi Waligereja Indonesia. Sejak tahun 1992 teks Doa Novena Tiga Salam Maria berbahasa Indonesia dimuat dalam buku PUJI SYUKUR.

 

 

Ibadat Doa Novena Tiga Salam Maria

Sebelum berdoa, meditasi dengan menyatukan hati serta pikiran kepada Bunda Maria, dan dilanjutkan dengan Tanda Kemenangan

Tanda Salib

Dalam Nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Syahadat Para Rasul

Aku Percaya,

Kepada Alah Bapa Yang Mahakuasa, pencipta langit dan bumi

Dan akan Yesus Kristus, Puteranya yang Tunggal, Tuhan Kita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: