Novena Tiga Salam Maria, Doa Permohonan Pertolongan Dalam Kesesakan yang Dikabulkan

Novena Tiga Salam Maria, Doa Permohonan Pertolongan Dalam Kesesakan yang Dikabulkan

Jakarta,radarpena.fin.co.id - Bunda Maria, Perawan yang berkuasa bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin, karena kuasa yang dinugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepadamu. Dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini.

Novena diambil dari bahasa Latin "Novem" yang artinya "Sembilan". Novena Tiga Salam Maria umum dilakukan oleh orang Katolik yang sedang mengalami kesesakan besar ataupun oleh orang yang menginginkan Anugerah besar dari Allah Bapa. Mengikuti teladan para Rasul dan Bunda Maria yang selama sembilan hari menantikan pencurahan Roh Kudus.

Novena Tiga Salam Maria adalah novena yang merupakan salah satu wujud perkembangan dari praktik devosional pendarasan Tiga Salam Maria dalam tradisi Gereja Katolik Roma. Praktik pendarasan Tiga Salam Maria dikatakan bersumber dari Santa Mechtildis dari Hackeborn (Tahun 1241 sampai Tahun 1298) dan Santo Antonius dari Padua (Tahun 1195- Tahun 1231)

 

 

Berkembang luas karena pewartaan Santo Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus Liguori. Di antara wujud-wujud perkembangan yang lain, seperti misalnya Doa Malaikat Tuhan. Devosi Tiga Salam Maria tersebut berkembang menjadi Novena Tiga Salam Maria yang didoakan selama kurun waktu sembilan hari berturut-turut.

Terdapat tradisi mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan Bunda Maria apabila permohonan seseorang terkabulkan melalui Novena Tiga Salam Maria ini dengan cara mengumumkannya secara terbuka.

 

Penampakan Bunda Maria dan Mula Novena Tiga Salam Maria

Dimulai pada abad ke-11, umat Kristiani sudah banyak mendoakan doa novena, ada berbagai jenis doa novena hingga menjadi doa yang populer pada saat itu. Biasanya doa novena dipanjatkan untuk masa berduka, sebagai doa pengampunan, serta doa permohonan secara pribadi. doa novena diresmikan oleh Paus Pius IX dan menjadi doa resmi bagi Gereja Katolik.

Meskipun banyak jenisnya, Doa Novena yang paling populer di kalangan gereja Katolik adalah Doa Novena Tiga Salam Maria. Awalnya, doa ini diperkenalkan oleh Santa Mecthilde of Hackeborn atau lebih dikenal dengan Santa Mechtildis. 

Santa Mecthildis merupakan seorang suster dari jerman pada abad ke 12. Dalam penderitaannya karena sakit, Santa Mechtildis berdoa kepada Bunda Maria agar menemaninya hingga ajalnya tiba. Karena Kesalehan Santa Mechtildis dalam berdoa memohon perlindungan Bunda Maria, membuat dirinya mendapat anugerah penampakan Bunda Maria secara langsung. 

 

 

Dalam penampakannya Bunda Maria berkata kepada bahwa Ia akan memenuhi permintaannya dengan meminta Santa Mechtildis untuk berdoa Salam Maria tiga kali sehari. Bunda Maria mengajarkan bahwa doa yang pertama ditujukan kepada Bapa di Surga, doa kedua ditujukan kepada Yesus Kristus, dan doa ketiga ditujukan kepada Roh Kudus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: