Perkembangan Teknologi AI di Indonesia, Melihat Potensi dan Pengembangannya

Perkembangan Teknologi AI di Indonesia, Melihat Potensi dan Pengembangannya

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Melihat perkembangan dunia saat ini, teknologi semakin berkembang pesat. Salah satu inovasi dari teknologi masa kini yang berpengaruh dalam kehidupan adalah Artificial Intelligence (AI). 

Teknologi kecerdasan buatan ini telah menjadi pilar penting dalam berbagai bidang. Mulai dari aplikasi perbankan, belanja online, hingga kendaraan otonom dan asisten virtual.

Di Indonesia, teknologi AI juga telah berkembang pesat dan juga semakin penting dalam berbagai sektor dimana membawa dampak besar dalam cara kita bekerja, berinteraksi, dan juga mengambil keputusan.

Maka tidak heran belakangan ini dunia digital sedang diramaikan fenomena teknologi Artificial Intelligence (AI) yang digunakan pada berbagai bidang khususnya dunia bisnis. Bahkan tidak sedikit produk AI yang sudah digunakan perusahaan-perusahaan.

BACA JUGA:

Tujuan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) adalah untuk meningkatkan efektivitas operasional dalam bisnis.

Namun bukan berarti tidak ada tantangan dan juga dampak yang diakibatkan dalam penerapan teknologi kecerdasan buatan ini.

Perkembangan AI Saat Ini

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah teknologi komputer merepresentasikan kecerdasan manusia melalui sistem dan program yang sudah diatur berbasis internet.

Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan sistem untuk bisa berpikir, bertindak, dan berperan dalam pengambilan keputusan layaknya manusia.

Untuk mendukung teknologi tersebut terdapat dua hal penting yang tidak bisa lepas dan saling berkaitan, yaitu big data dan computing power.

BACA JUGA:

Sebab untuk dapat membuat sebuah perangkat mempunyai kemampuan berfikir dan bertindak seperti layaknya manusia diperlukan data dalam jumlah yang luar biasa besar.

Sederhananya data yang digunakan dalam teknologi ini dibedakan menjadi 2 kategori yakni berupa visual dan teks bahasa atau angka.

Teknologi ini juga dapat dibuat dengan data visual tentu saja dipergunakan untuk menganalisa dan mendeteksi objek dari foto atau video, meniru cara kerja mata manusia dalam melihat dan mengenali objek.

Perkembangan Teknologi AI di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: