Kue Tradisional Indonesia, Menjaga Warisan Budaya dalam Setiap Kelezatannya

Kue Tradisional Indonesia, Menjaga Warisan Budaya dalam Setiap Kelezatannya

RADARPENA.CO.ID - Indonesia, dengan kekayaan budayanya yang begitu beragam, juga memiliki berbagai jenis kue tradisional yang lezat dan menggugah selera.

Kue-kue tradisional ini bukan hanya memanjakan lidah, tetapi juga memiliki makna historis dan nilai-nilai budaya yang terkandung di balik setiap gigitannya.

Meskipun perkembangan dunia kuliner telah melahirkan makanan-makanan baru, kue tradisional tetap menjadi favorit dan berfungsi sebagai penjaga warisan budaya kita.

Kue tradisional merupakan hasil warisan nenek moyang Indonesia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kue tradisional yang khas dengan bahan dan cara pembuatan yang berbeda.

BACA JUGA:

Di artikel hari ini RadarPena akan mengupas berbagai macam kue Tradisional yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

1.  Putu

Putu merupakan makanan yang berasal dari China yang sering dibuat oleh masyarakat Indonesia. Kue ini biasa dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas.

Kue putu terbuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.

2.  Wingko

Selanjutnya adalah wingko yang merupakan jajanan tradisional khas Semarang. Wingko terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda dan gula pasir.

3.  Pukis

Pukis adalah kue tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kue pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan.

Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api. Pukis biasanya diberi taburan cokelat, keju, sukade, atau selai.

4.  Pastel

Sebenarnya pastel bukanlah makanan asli Indonesia, tetapi sudah diadaptasi oleh masyarakat Indonesia dan mudah ditemui di pasar sebagai jajanan tradisional.

Pastel terbuat dari tepung yang dibuat menjadi adonan padat lalu ditipiskan, diberi isian dan dibentuk menyerupai kerang kemudian digoreng.

5.  Ongol-Ongol

Ongol-ongol adalah jajanan tradisional khas Jawa Barat. Kudapan ini terbuat dari tepung sagu, air, gula Jawa, kelapa, dan daun pandan.

6.  Panada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: