Inilah Aplikasi Yang Dapat Membantu Kamu Untuk Cek Indeks Kualitas Udara Saat Ini, Simak Yuk!

Inilah Aplikasi Yang Dapat Membantu Kamu Untuk Cek Indeks Kualitas Udara Saat Ini, Simak Yuk!

RADARPENA.CO.ID - Untuk memantau kualitas udara yang kita hirup tidaklah sulit. Kini, melalui smartphone pun kamu bisa cek indeks kualitas udara yang ada disekitarmu. Kualitas udara yang baik merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan dalam hidup kita.

Kualitas udara di perkotaan memang jauh dari kata bersih. Asap kendaraan bermotor dan kegiatan industri turut menyumbang polusi udara di perkotaan.

Mengecek kualitas udara secara berkala menjadi sangat penting ketika ingin merencanakan aktivitas di luar rumah. 

Kita bisa menentukan langkah ideal untuk menghindari waktu tertentu ketika kualitas udara sedang buruk.

BACA JUGA:

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang kita dapat dengan mudah memantau indeks polusi udara di sekitar kita melalui smartphone.

Sehingga, kita dapat tetap terinformasi dan menjaga kualitas udara di sekitar kita. Untuk mengetahui kualitas udara yang kita hirup. kamu bisa menggunakan smartphone, kemudian install satu di antara aplikasi di bawah ini.

Data akan ditampilkan secara real time, sehingga membantu kamu menghindari atau meminimalisir terpaan polusi udara. Simak yuk!

Aplikasi Cek Indeks Kualitas Udara

1. AirVisual

  1. Unduh dan buka aplikasi AirVisual di HP
  2. Pastikan kamu telah memberi izin untuk mengakses fitur GPS di aplikasi ini
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil mendeteksi lokasi terkini tempat kamu berada
  4. Setelah itu, secara otomatis akan muncul skor kualitas udara di sekitar lokasi kamu
  5. kamu bisa melihat skor kualitas udara di wilayah lain dengan memilih menu "Peta" yang terdapat di bagian bawah layar
  6. kamu juga bisa melihat peringkat perolehan skor kualitas udara di Ibu Kota dari berbagai negara dengan mengklik menu "Ranking".

2. IQAir Air Visual

Data dari IQAir kerap dijadikan parameter untuk melihat kualitas udara di sebuah tempat. Kamu bisa melihatnya lewat aplikasi yang dapat diunduh di Android dan iPhone. Aplikasi ini turut memberikan ramalan polusi udara dan cuaca di lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia.

Semua ditampilkan dengan grafik yang menarik dan mudah dimengerti. Informasi kualitas udara di IQAir Air Visual dapat dengan mudah dibagikan ke WhatsApp atau media sosial lainnya.

3. UdaraKita

Aplikasi UdaraKita dibuat oleh Greenpeace Indonesia. Lewat aplikasi ini kamu bisa mengetahui kualitas udara yang terjadi dan bagaimana mengantisipasi ancaman berbahaya dari polusi udara di sekitar kamu.

Saat ini lokasi pemantauan utama hanya di Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru. Untuk kota lain sedang disiapkan oleh Greenpeace. Pengguna dapat memberikan laporan terkait kualitas udara di sekitarnya lewat fitur pengaduan yang disediakan aplikasi ini.

BACA JUGA:

4. Nafas

  1. Unduh dan buka aplikasi Nafas di HP
  2. Izinkan penggunaan GPS
  3. Pada menu utama akan muncul rincian kualitas udara hari ini di lokasi kamu berada dan solusi untuk menghindari polusi udara
  4. kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi peringatan kualitas udara dengan mengklik menu di bagian paling bawah.

5. BreezoMeter

Terakhir ada aplikasi BreezoMeter yang bisa kamu pakai untuk cek kualitas udara hari ini di smartphone. Aplikasi ini juga bisa memberikan prediksi kualitas udara lima jam ke depan di sebuah lokasi. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Instal dan jalankan aplikasi BreezoMeter di HP kamu
  2. Izinkan akses GPS untuk aplikasi ini
  3. Informasi kualitas udara hari ini akan muncul di halaman utama berupa nilai AQI hingga kandungan udara yang kamu hirup, seperti karbon monoksida hingga nitrogen dioksida.

6. Air Quality

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: