Daftar Aplikasi Smartphone untuk Cek Kualitas Udara yang Kita Hirup, Coba Yuk!

Daftar Aplikasi Smartphone untuk Cek Kualitas Udara yang Kita Hirup, Coba Yuk!

Ilustrasi foto: aplikasi cek udara--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kualitas udara di perkotaan memang jauh dari kata bersih. Karenanya, penting untuk selalu mengecek kualitas udara tiap waktu. Agar kita dapat mempersiapkan diri jika harus beraktivitas di luar rumah, seperti mengenakan masker.

Kualitas udara yang terus menurun tentu membuat sebagian masyarakat memperketat melindungi kesehatannya, seperti menggunakan masker dan menggunakan penyaring udara (air purifier). 

Tak hanya itu, salah satu upaya lain dalam melindungi diri adalah dengan memperhatikan tingkat kualiats udara.

Dengan mengetahui nilai kualitas udara, masyarakat dapat lebih perhatian terhadap kesehatan serta dapat mengantisipasi berbagai bahaya yang terjadi akibat kualitas udara yang tidak bagus.

BACA JUGA:

Berikut ini merupakan daftar aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan di Android atau iPhone. Cek sekarang, yuk!

IQAir AirVisual

IQAir AirVisual dapat membantu Anda untuk memantau kualitas udara di kota Anda. Cara pemakaian sangat mudah, tentukan lokasi Anda terlebih dahulu. Setelahnya, aplikasi ini akan mengambil data polusi terdekat. Data yang diberikan AirVisual lebih akurat karena informasi diambil dari situs pemerintah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur peta grafis untuk melihat kualitas udara di tempat-tempat tertentu.

Plume Labs 

Plume labs dapat mendeteksi kualitas udara dan polusi serta terhubung dengan 12.000 stasiun pemantauan lingkungan di sekitar 60 negara berbeda. Aplikasi ini juga memeriksa data tentang faktor-faktor, seperti waktu, kondisi cuaca, dan lainnya. Saat ini Plume Labs secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ramalan cuaca terkenal, AccuWeather. Plume Labs dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

BrezzoMeter 

BrezzoMeter akan menyediakan data kualitas udara dan polusi secara signifikan dan real-time berbasis lokasi dengan mudah dipahami. BreezoMeter memiliki monitor kualitas udara langsung. BrezzoMeter hanya bisa diunduh di Google Play Store (Android).

Nafas

Aplikasi nafas dapat melihat kualitas udara di sekitar Anda dengan titik warna yang menunjukkan Indeks Kualitas Udara (AQI). Data kualitas udara yang ditampilkan juga diperbaharui setiap 10 menit. Selain menampilkan kualitas udara yang sedang terjadi atau real-time, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan, seperti apakah perlu ventilasi di rumah, atau sebaiknya tempat terbaik untuk mereka berolahraga (di tempat terbuka atau tertutup).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: