Urban Legend; Misteri Rumah Kentang Legendaris Dharmawangsa

Urban Legend; Misteri Rumah Kentang Legendaris Dharmawangsa

RADARPENA.CO.ID - Misteri Rumah Kentang telah lama menjadi bahan perdebatan. Menurut sejarah, seorang anak yang tinggal di sebuah rumah  di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, terjatuh ke dalam panci yang digunakan untuk merebus kentang.

Anak itu meninggal dalam kecelakaan aneh ini. Itulah sebabnya rumah ini dikenal dengan nama Perunatalo atau Perunatalo Namun, ada  versi lain dari cerita ini.

Versi lain mengatakan bahwa di rumah itu pernah tinggal seorang anak laki-laki kurang ajar yang selalu mengganggu semua orang di sana. Suatu hari pelayan itu tidak tahan dengan kenakalan anak laki-laki itu.

Pengurus rumah tangga, yang sedang merebus kentang dalam panci besar, menangkap anak nakal itu dan melemparkannya ke dalam panci Kentang tersebut - termasuk bayinya - kemudian disajikan kepada warga sebagai sup  makan malam.

Sejak  itu,  rumah sering berbau kentang dan anak-anak menangis Kisah ini dituturkan Agip (24), yang mengelola warung  di depan rumahnya sejak tahun 1997.

 

Agip mengaku kerap mencium bau kentang rebus, apalagi saat larut malam, meski rumahnya kosong ramai dan disewakan oleh orang asing.

Anto yang tinggal di Kota Ciputati bercerita tentang pengalamannya bersama Perunatalo yang menjadi urban legenda. Awalnya dia tidak percaya dengan cerita misterius rumah berhantu itu.

Pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2005, tepatnya jam 9 malam, setelah membeli bahan makanan, Anto kembali ke rumah dosen untuk mengambil sepeda motornya.

Kembali ke kentang kosong yang dibicarakan pembicara, Anto berhenti untuk memakai helmnya Ia mengaku  mencium bau  kentang rebus yang menyengat.

Bulu kuduknya langsung berdiri dan dia buru-buru meninggalkan tempat itu Sesampainya di rumah, dia langsung mandi Setelah mandi, ia menyadari bahwa yang mengikutinya pulang adalah arwah pengurus rumah tangga.

 

Hal itu diketahui saat Anton bercermin sambil menyisir rambutnya dan muncullah sesosok tubuh wanita Di belakangnya berdiri seorang wanita menangis dan meminta bantuan. Untung saja Anto tidak panik dan langsung menuju kamar adiknya untuk berdoa.

Cerita lainnya datang dari aktor yang juga membintangi House of Potatoes Ia mengatakan, sebenarnya rumah hantu yang digunakan untuk syuting film tersebut sangat berhantu Hantu  di dalam rumah  terusik dengan aktivitas menonton film di dalam rumah.

 “Tempat ini sangat misterius, meski terkesan biasa saja. Ada aura amarah dan amarah yang besar di sini. Saya juga tidak mengerti kenapa harus syuting di lokasi aslinya.

Ada hantu anak-anak dan beberapa makhluk lainnya di rumah ini, namun kebanyakan ingin berpura-pura menjadi hantu anak laki-laki tersebut. Dia tidak suka diganggu dan dia menyuruh kami segera keluar dari sini atau dia akan menyakiti kami,” kata aktor tersebut.

Begitu pula dengan masyarakat sekitar, selama ini mereka memilih menghindari rumah yang diketahui angker itu. Namun, ada pula yang skeptis, seperti sutradara Jose Poernomo.

 

Mungkin karena tertarik dengan sejarah rumah kentang yang misterius, ia kemudian membuat film horor tentang legenda rumah hantu tersebut.
Kisah-kisah horor yang menjadi fenomena seringkali menjadi inspirasi pembuatan film.

Para pembuat film bahkan berani memasukkan “karakter” menakutkan yang dibicarakan legenda urban Salah satu cerita hantu yang ada di rumah hantu ini adalah kisah seorang kakak yang mengalami kelumpuhan beberapa waktu lalu.

Kini, rumah produksi Hitmaker berkolaborasi dengan pengacara Jose Purnomo untuk  film  horor 'House of Potatoes'. Artis cantik Shandy Auli didaulat membintangi film tersebut.

Menariknya, pengambilan gambar film tersebut juga dilakukan di lokasi  yang konon menjadi awal mula kisah fenomenal rumah kentang. Shandy Aulia bahkan merasakan aura misterius saat  syuting.
 
Hawa mencekam masih terasa. “Entah kenapa, kadang membuatku takut,” kata Shandy Aulia beberapa waktu lalu, Shandy menjelaskan banyak keanehan selama pembuatan film ini.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: