Waspada Dua Gejala Bahaya Bisa Terjadi pada Mobil Anda Jika Diabaikan Saat Musim Kemarau

Waspada Dua Gejala Bahaya Bisa Terjadi pada Mobil Anda Jika Diabaikan Saat Musim Kemarau

Dan tanpa kita sadari akibat cuaca ekstrim yang terjadi saat ini membuat kondisi kerja mesin bertambah dari biasanya. 

Hal ini yang perlu kita waspadai dalam pengecekan radiator mesin dapat bekerja dengan baik untuk menjaga mobil berumur panjang dan menghindari bengkel.

 

 

  • Gangguan Sirip Evaporator AC

Musim kemarau panjang ini membuat kita menggunakan AC lebih sering dengan tenaga yang lebih besar daripada biasanya. Hal ini tentunya membuat kinerja AC mobil lebih bekerja keras.

Semakin sering AC mobil bekerja dengan keras maka perlu juga diperhatikan perawatan filter kabinnya.

Filter kabin memiliki tugas penting dalam menyaring udara yang dipakai dalam sirkulasi AC dan juga menjaga kebersihan evaporator AC.

Perlu diperhatikan, jika filter kabin atau filter AC pada kendaraan kita kotor akan berdampak pada ketidaknyamanan penumpang. Termasuk membuat evaporator lebih cepat rusak sehingga pendingin kabin tidak optimal bahkan dapat menjadi sarang bibit penyakit yang mengganggu kesehatan.

Evaporator AC bertugas untuk mendinginkan udara yang dipakai agar kabin mobil tetap terjada suhu yang sejuk. Ketika sirip-sirip evaporator kotor akibat filter kabin tidak dijaga kebersihannya maka aliran udara akan terganggu sehingga sistem pendingin menjadi tidak optimal dan kabin akan terasa sangat panas.

Selain itu, spora dan jamur yang teriasap ke dalam saluran AC memanfaatkan lingkungan lembab pada evaporator yang kotor untuk berkembang biak. Jika tidak segera dilakukan perawatan secara tidak kita sadari namun pasti jamur akan tum buh kebagian lain kabin mobil yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan menimbulkan banyak penyakit.

Yang tidak kalah penting evaporator yang kotor dan lembab akan menimbulkan karat. Dan apabila sudah mengalami pengaratan, karat akan merusak evaporator dan membuatnya bocor sehingga mau tidak mau harus diganti yang baru karena tidak ada cara untuk memperbaikinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: