Tips & Trick Merawat Mesin Turbo Mobil, Mobil Jadi Awet dan Ngacir Terus

Tips & Trick Merawat Mesin Turbo Mobil, Mobil Jadi Awet dan Ngacir Terus

Tips & Trick merawat mesin turbo kendaraan anda agar mesin mobil tetap awet dan ngacir--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Semakin modernnya kendaraan masa kini, mesin turbo sendiri biasanya sudah disematkan pada mesin mobil bawaan dari pabrik dengan berbagai versi.

Tidak hanya beraada pada mobil mewah, kini mobil kelas menengah pun sudah banyak mengaplikasikan turbo pada mesin kendaraannya.

Tentu saja dikarenakan seluruh pabrik ingin berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada seluruh customer dengan membuat mesin bahan bakar untuk memberikan hasil yang diinginkan melalui turbocharger yang bertugas untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar yang seirit mungkin namun perfoma selalu di depan.

Selain menghemat bahan bakar, mesin dengan fitur turbo juga masih banyak memiliki keunggulan salah satunya adalah dengan mengaplikasikan mesin turbo pada mobil dapat menekan tingkat emisi dan polusi yang tidak baik untuk lingkungan, dikarenakan turbo dibuat dari material ramah lingkungan.

BACA JUGA:Penting Diketahui Pemilik, Cara Perawatan Mobil Listrik Agar Awet Tanpa Ribet

 

Mobil mesin turbo memang memiliki kelebihan di sisi performa yang kuat namun dengan penggunaan bahan bakar yang tetap efisien. 

Tentu saja perawatan antara mobil dengan mesin turbo dan non turbo memiliki perbedaan. Untuk mesin turbo sendiri perawatannya cukup mudah bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara kerja komponen turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin kendaraan untuk memutar baling-baling turbin. Dari proses itu bisa menghasilkan udara yang sudah terkompresi dalam jumlah yang banyak.

Udara dari turbo ini kemudian akan didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin. Hal ini bisa membantu proses pembakaran bahan bakar sehingga dapat bekerja secara maksimal. Hasilnya tentu saja bisa meningkatkan performa pada saat mobil dipacu dan tetap efisien dari segi penggunaan bahan bakar.

Walaupun banyak sekali keunggulan yang dimiliki mesin turbo, kita harus tetap memperhatikan perawatan turbo agar tetap terjaga optimalnya. 

Merawat mesin turbo tentu tidak sembarang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mesin turbo dapat bekerja dengan baik.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat mesin turbo pada mobil? Simak cara merawat dengan baik mesin turbo mobil anda.

BACA JUGA:Hindari Kebocoran! Ini Cara Merawat Sunroof Mobil saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: