Sejarah Dan Mitos Yang Ada Di Taman Nasional Alas Purwo

Sejarah Dan Mitos Yang Ada Di Taman Nasional Alas Purwo

RADARPENA.CO.ID - Secara geografis, Alas Purwo ada di ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan. Alas Purwo adalah tempat atau situs purbakala di Indonesia yang kini telah menjadi taman nasional (TN Alas Purwo).

Taman Nasional Alas Purwo beralamat di Jalan Brawijaya Nomor 20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417. Secara geografis Kawasan Taman Nasional Alas Purwo terletak ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan antara 8,446456°-8,780444° LS dan 114,224625°-114,605157° BT.

Sementara secara administrasi masuk wilayah pemerintahan Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Alas Purwo kerap dikaitkan dengan hal mistis dan angker oleh sebagian masyarakat. 

Sejarah Alas Purwo

Sebelum menjadi taman nasional, awalnya Alas Purwo berstatus cagar alam. Sebagaimana dilansir situs Taman Nasional Alas Purwo, berdasarkan risalahnya, pada di1920an ada penunjukan Poerwo dan Jati Ikan sebagai cagar alam.

BACA JUGA :

Memasuki tahun 1930-an, Alas Purwo berubah menjadi tempat Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan dengan luas areal 62.000 Ha yang termuat Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 6 stbl 456 Tanggal 01 September 1939. Hingga pada tahun 2014, Alas Purwo ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan luas sekitar 44.037,30 Ha.

Alas Purwo memiliki nilai sejarah yang tinggi yang juga dianggap sebagai tempat kelahiran Sang Hyang Widhi (dewa pencipta dalam agama Hindu berdasarkan mitologi Jawa).

Dalam catatan detikTravel, berdasarkan legenda masyarakat sekitar, penamaan Alas Purwo merupakan sebuah kisah yang menceritakan awal mula terciptanya Pulau Jawa. Sehingga menurut masyarakat Jawa, artinya Alas Purwo yaitu 'Hutan Pertama atau Permulaan'. 

Berikut lima kisah mitos di Alas Purwo yang melegenda:

1. Tempat Bersemedi Dan Bertukar Pikiran

Seperti yang diketahui, Alas Purwo Banyuwangi merupakan hutan tertua di Pulau Jawa. Konon, hutan ini sudah ada jauh sebelum Indonesia didirikan. Terdapat banyak gua di Alas Purwo. Salah satu gua tersebut dipercaya dijaga oleh jin di pintu masuknya. Gua ini kerap kali digunakan sebagai tempat bersemedi para raja pada masa lalu. Tak hanya itu, gua yang dianggap magis ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan para raja untuk saling bertukar pikiran.

 

2. Mereka Yang Masuk Alas Purwo Tidak Bisa Keluar Lagi

Hutan yang terletak di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, ini dikenal sebagai kerajaan jin. Masyarakat percaya di dalam hutan ini terdapat banyak makhluk gaib. Seseorang yang memiliki kemampuan khusus bisa melihat makhluk tak kasat mata, biasanya akan menyaksikan kondisi Alas Purwo yang padat dan ramai. Konon, manusia yang mencoba masuk ke Alas Purwo tak akan bisa keluar lagi. Mereka akan tersesat di dalam hutan yang pohonnya sangat rapat. Ada pula yang mengatakan hilangnya manusia di Alas Purwo dikarenakan penghuni di dalamnya tak membiarkan manusia bisa bebas setelah melihat "rumah" mereka. Jika akhirnya manusia bisa keluar dari Alas Purwo, konon seumur hidupnya akan ditimpa kesialan.  

 

3. Tempat Angker Yang Jadi Kerajaan Gaib

Dari mitos yang beredar, Alas Purwo adalah taman nasional yang kerap disebut sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa. Pasalnya, Alas Purwo dianggap terkenal sebagai lokasi kerajaan gaib kuat dan besar. Mitos tersebut diperkuat dengan keterangan dari ahli spiritual Banyuwangi, Ki Joko Gondrong. Ia mengatakan bagi wisatawan yang datang ke Alas Purwo perlu berhati-hati. Sebab, Alas Purwo dipercaya sebagai tempat pertama dihuni oleh manusia yakni Situs Kawitan. Setiap hutan di Alas Purwo merupakan tempat angker yang ditinggal oleh makhluk halus seperti genderuwo, hingga jin dan setan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: