Mengenal Polusi Udara : Penyebab, Dampak dan Upaya Pencegahannya

Mengenal Polusi Udara : Penyebab, Dampak dan Upaya Pencegahannya

radarpena.co.id - Maraknya polusi udara menjadi salah satu masalah lingkungan yang sangat serius di era modern ini. Fenomena polusi udara ini muncul akibat pelepasan berbagai zat kimia dan partikel berbahaya ke atmosfer, terutama akibat aktivitas manusia.

Artikel ini akan membahas penyebab utama polusi udara, dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan, serta upaya pencegahannya.

 

Penyebab Polusi Udara

Polusi udara disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi ada beberapa penyebab utama yang perlu diperhatikan. Pertama, polusi udara sering kali berasal dari emisi industri. Pabrik-pabrik besar dan perusahaan-perusahaan yang memproduksi bahan bakar fosil atau bahan kimia berkontribusi pada pelepasan gas beracun, seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida.

Selain itu, transportasi juga menjadi penyebab signifikan polusi udara. Kendaraan bermotor menghasilkan gas buang yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti hidrokarbon dan partikel debu. Apalagi dengan semakin banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang setiap hari, pencemaran udara menjadi semakin parah.

 

Dampak Polusi Udara

Polusi udara memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan penyakit paru-paru kronis. Tingginya kadar polutan di udara juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker paru-paru. Namun tak hanya itu, bahaya polusi udara juga bisa berdampak pada organ tubuh lain, berikut masing-masing penjelasannya.

 

1.  Gangguan Mata

Efek polusi udara bagi kesehatan salah satunya berpengaruh pada mata. Pasalnya, polusi udara dapat menyebabkan masalah pada mata orang yang terpapar, seperti konjungtivitis, sindrom mata kering, bahkan glaukoma.

Untuk mencegah hal ini, gunakan kacamata atau pelindung mata ketika menjalani aktivitas di luar, terutama di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk. Jika memiliki mata yang sensitif, usahakan untuk selalu menyediakan obat tetes mata dan hindari menyentuh mata terlalu sering.

 

BACA JUGA:

 

2.  Batuk

Bahaya polusi udara berikutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sehingga memicu beberapa masalah kesehatan seperti mengi, pilek, sesak napas, batuk-batuk, dan napas pendek. Batuk terjadi karena adanya polutan yang masuk ke dalam sistem pernapasan bagian atas, sehingga memicu respon tubuh untuk mengeluarkan partikel tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: