Balita dan Lansia Mulai Alami Batuk dan Pilek Berkepanjangan Akibat Pencemaran Udara di Jakarta

Balita dan Lansia Mulai Alami Batuk dan Pilek Berkepanjangan Akibat Pencemaran Udara di Jakarta

Pencemaran Udara Jakarta - Pencemaran Udara di Jakarta memasuki tahap berbahaya. Hampir semua terdampak batuk dan pilek, terutama anak-anak dan lansia.

Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) banyak terjadi pada anak-anak, diduga akibat buruknya pencemaran udara di ibu kota.

Sementara itu, pemerintah sedang berusaha keras menanggulangi dan melakukan pembenahan sumber-sumber pencemaran udara. dan membentuk komite dalam melakukan deteksi, penurunan risiko kesehatan dan adaptasi terhadap pencemaran udara.

Jumlah Penderita ISPA Meningkat

Kasus pendertia ISPA terus bertambah di Jakarta akibat kondisi udara yang buruk.

Seperti salah satu kasus yang ditemukan di rumah sakit kawasan Jakarta Selatan, sebut saja Rima, 36 tahun, sudah seminggu menemani anaknya yang terbaring lemas di rumah sakit, anaknya Abi, didiagnosa mengalami peradangan paru-paru (pneumonia) dan bronkitis.

Menurut dokter yang menanganinya, penyakit paru-paru Abi semakin diperparah karena pencemaran udara belakangan ini.

BACA JUGA:

Menurut pengakuan Rima, dalam keluarganya tidak ada yang merokok, Ia pun hanya keluar setiap hari tidak jauh dari rumahnya, dan tidak ada riwayat penyakit sebelumnya yang diderita Abi.

Kondisi Abi sekarang sudah membaik, karena sudah tidak demam lagi. namun dokter menyarankan pemakaian masker kembali dan sebisa mungkin membatasi Abi berkegiatan di luar rumah.

Kasus lain di Tangerang, seorang ibu mgaku terkejut ketika anak bungsunya divonis terkena ISPA. Setelah melakukan perawatan, kini anaknya sudah kembali bersekolah. Namun, sekarang kakaknya yang mulai batuk dan pilek.

Pengertian ISPA

Menurut sloamhospitals.com, ISPA merupakan infeksi yang terjadi pada sistem saluran pernapasan, baik saluran bagian atas maupun bagian bawah.

Kondisi ini terjadi di bagian organ pernapasan seperti sinus, faring, laring hingga hidung.
IsPA merupakan penyakit yang menular dan rentan mengenai anak-anak, karena sistem imun mereka masih dalam tahap berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: