Prabowo Belanja Jet Tempur Baru, F-15EX Produksi Boeing

Prabowo Belanja Jet Tempur Baru,  F-15EX Produksi Boeing

Belanja Kemenhan - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto membeli sejumlah Jet Tempur F-15EX produksi Boeing Company. 

Total, 24 unit jet tempur F-15 EX yang akan diterbangkan dari Amerika Serikat ke Indonesia.

“Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX,” tulis Prabowo seperti dikutip Selasa, 22 Agustus 2023

Beda dari pembelian sebelumnya, yaitu 12 pesawat Mirage 2000-5 dari dari Angkatan Udara Qatar yang diketahui adalah unit bekas pakai, kali ini 24 jet tempur F-15EX adalah produk baru. Apa saja keunggulan pesawat tempur ini hingga menarik perhatian Menhan RI membeli sebanyak itu ?

BACA JUGA:Sejarah Pesawat, Siapa Saja Orang Hebat yang Terlibat dalam Perkembangannya?

BACA JUGA:Walau Batal Jadi Cawapres, Cak Imin Secara Pribadi Tetap akan Dukung Prabowo

Dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Pesawat tempur F-15EX yang dibuat oleh Boeing ini merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15. 

Pesawat ini memiliki beberapa keunggulan dalam kemampuan daya angkut yang mampu membawa hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) muatan.

“Ini membuatnya mampu membawa lebih banyak senjata dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya,” tulis Kemenhan.

Selain itu, F-15EX ini diketahui memiliki kinerja mesin yang tinggi serta dilengkapi teknologi modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih kepada pesawat ketika mengudara.

“Struktur pesawat F-15EX dipastikan kuat dengan design untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang. 

Hal tersebut tentunya memberikan keunggulan dalam hal daya tahan dan rentang operasional yang panjang,” ungkap Kemenhan.

Kemenhan memastikan, secara keseluruhan keunggulan ini menjadikan F-15EX adalah salah satu pesawat tempur yan paling canggih dan paling serbaguna yang ada di dunia saat ini.

Fitur Kecanggihan F-15 EX

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: