Keutamaan Menghafal Surat Al Kahfi 1-10, Jaminan di Hari Akhir Jaman

Keutamaan Menghafal Surat Al Kahfi 1-10, Jaminan di Hari Akhir Jaman

Keutamaan Surat 1-10 Al Kahfi - Dalam riwayat menyebutkan, bahwa Dajjal akan turun ke bumi menjelang hari kiamat. Turunnya Dajjal ini, dikenal sebagai salah satu dari tanda akhir Zaman.

Kemunculan Dajjal di muka bumi akan menyebarkan fitnah ke seluruh dunia kecuali di dua tempat, yaitu Mekkah dan Madinah.

Sebagai umat muslim, cerita Dajjal tentunya bukan hanya cerita fiksi atau dongeng belaka, karena hal ini telah diisyaratkan dalam Al Quran Surat Al An'am ayat 158 yang berbunyi:

يَوْمَ يَأْتِى بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفْسًا إِيمَٰنُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِن قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِىٓ إِيمَٰنِهَا خَيْرًا

"Yauma ya`tī ba'ḍu āyāti rabbika lā yanfa'u nafsan īmānuhā lam takun āmanat ming qablu au kasabat fī īmānihā khairā"

Artinya: "Pada hari datangnya beberapa ayat dari Tuhan-mu (tanda-tanda kiamat) tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri, yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya,"

Diriwayatkan pula dalam Hadits Abu Isa Al Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tiga hal, yang apabila telah muncul (terjadi), maka iman seseorang yang sebelumnya tidak beriman tidak bermanfaat bagi dirinya atau dia tidak mengerjakan kebaikan dalam masa imannya: Dajjal, Dabbah, dan terbitnya Matahari dari barat,"

Umat Islam di seluruh dunia tentunya berharap akan terhindar dari fitnah dan murka Dajjal sehingga selamat hingga hari akhir dan menghadap Allah SWT sebagai seorang muslim.

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Quran yang terdiri dari 110 ayat.

Diriwayatkan dalam salah satu Hadits Shahih yang berasal dari Abu Darda RA. Rasulullah bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah)," (HR. Muslim).

Fitnah Dajjal, diriwayatkan sangatlah kejam, ia akan membawa siapa saja kepada kesesatan dan membawa siksa neraka jahanam ke dunia.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim, sangatlah perlu untuk mempersenjatai diri dengan menghafal minimal 10 ayat pertama surat Al Kahfi agar terhindar dari fitnah Dajjal menjelang hari akhir kelak.

Keutamaan Lain Surat Al Kahfi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: