Keutamaan Menghafal Surat Al Kahfi 1-10, Jaminan di Hari Akhir Jaman

Keutamaan Menghafal Surat Al Kahfi 1-10, Jaminan di Hari Akhir Jaman

Membaca Al Quran tentunya mengharapkan ridha dari Allah SWT, namun ada keistimewaan-keistimewaan tertentu dengan membaca Al Kahfi seperti telah diriwayatkan selain terhindar dari fitnah Dajjal diatas:

1. Mendapatkan Pancaran Cahaya di Hari Kiamat

Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan vahaya baginya kelak di hari kiamat.

Sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya:“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

2. Mendapat Cahaya Antara Dua Jumat

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat,” (HR Hakim).

3. Diampuni dosanya diantara dua Jumat

Keutamaan lain seperti sabda Rasulullah SAW:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat,” (HR Ibnu Umar).

Itulah beberapa keutamaan surat Al Kahfi yang menakjubkan. Tentunya tidak hanya Surat Al Kahfi yang memiliki keutamaan, seluruh isi dalam Al Quran adalah merupakan keajaiban bagi umat muslim yang gemar membaca dan mengamalkannya.

Semoga menjadi inspirasi untuk lebih sering membaca Al Quran.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: