Inilah Fakta Bunga Telang Yang Bahaya jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Inilah Fakta Bunga Telang Yang Bahaya jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Bahaya Bunga Telang -  Bunga Telang memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan. Namun, ada efek samping dan bahaya bunga Telang jika dikonsumsi berlebihan atau tidak sesuai aturan.

Bunga telang atau yang bernama latin Clitoria Ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Bunga telang yang diolah dapat dijadikan sebagai teh atau juga campuran bagi kosmetik, karena warnanya yang indah.

Namun, selain karena warnanya, bunga telang juga dikenal karena dapat dikonsumsi dan memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Kendati demikian, bunga telang juga memiliki bahaya atau efek samping.

Jika ingin meminum teh bunga telang, sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Pasalnya, teh bunga telang dapat memberikan efek samping seperti mual, sakit perut, dan diare jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

BACA JUGA:

Bahaya Bunga Telang Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Anti Nutrisi

  • Dilansir melalui laman Medical News Today, asam oksalat disebut sebagai anti nutrisi karena dapat mengikat mineral tertentu sehingga mencegah tubuh menyerap dan memanfaatkannya. Meski bunga telang kaya akan nutrisi, asam oksalat di dalamnya akan membentuk senyawa kompleks dan menghambat penyerapan. Alih-alih bermanfaat, nutrisi pada bunga telang justru jadi tidak dapat diserap tubuh dengan baik.

Mual dan Diare

  • Bagi wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bunga telang secara berlebihan. Sebab, tanaman ini bisa mengakibatkan efek samping seperti mual dan diare yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan kandungan.

    Jika ingin mengonsumsinya, ibu hamil dan menyusui perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan.

Alergi

  • Mengonsumsi bunga telang dengan berlebihan juga tidak disarankan bagi orang yang punya alergi atau pencernaan yang sensitif. Bunga ini bisa memicu reaksi alergi yang cukup parah, terlebih saat dikonsumsi untuk pertama kali.

Memicu Batu Ginjal

  • Kebanyakan orang memiliki sejumlah kecil asam oksalat dan kalsium di saluran kemih mereka. Biasanya, asam oksalat itu akan larut dengan sendirinya. Namun, jika kadar oksalat tinggi namun volume urinnya rendah, senyawa tersebut akan membentuk kristal dan menjadi batu ginjal.

    Karena itu, seseorang yang rentan terkena batu ginjal biasanya disarankan untuk mengurangi asupan makanan kaya akan oksalat, termasuk bunga telang. Mereka juga harus mengonsumsi cukup kalsium dan menghindari suplemen vitamin C.

Iritasi 

  • Bahaya bunga telang yang keempat adalah bisa menyebabkan iritasi. Selain alergi, mengoleskan bunga telang secara langsung terutama dalam waktu lama juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

    Hal itu disebabkan kandungan zat aktif dalam bunga telang dapat merusak lapisan pelindung pada kulit, tidak terkecuali kulit wajah di sekitar mata. Kondisi tersebut pun berimbas pada kulit yang menjadi jauh lebih sensitif, sehingga mudah terkena iritasi.

Demikianlah, ulasan mengenai bahaya bunga telang jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: