Pulau Salah Namo, Pulau Bernama Unik Objek Wisata Menarik di Sumatra

Pulau Salah Namo, Pulau Bernama Unik Objek Wisata Menarik di Sumatra

Pulau Salah Namo - adalah sebuah pulau kecil di Selat Malaka, lepas pantai Sumatra, sekitar 40 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Pandang.

Pulau ini berawal dari suatu kesalahan yang menyinggung kelamin wanita. Sehingga pada akhirnya disebut sebagai Pulau Salah Namo atau Pulau Salah Nama. 

Keunikan dari Pulau ini terletak pada terdapatnya bebatuan bewarna merah yang mengelilingi kawasan Pulau. 

Hamparan pasir putih dan pepohonan yang rindang menjadi daya tarik tersendiri dan luar biasa dari Pulau Salah Namo ini. 

Begitu pula dengan pemandangan alam bawah lautnya yang dihiasi terumbu karang. 

Karena keindahan alami tersebut membuat Kabupaten BatuBara menjadikan Pulau ini sebagai salah satu ikon pariwisata serta melengkapinya berbagai fasilitas termasuk membangun penginapan di kawasan Pulau serta gencar mempromosikannya. 

BACA JUGA:Makanan Khas Sumatera Barat yang Menggoyang Lidah, Ternyata Sering Ditemukan di Rumah Makan Padang

BACA JUGA:Yuk, Jajal Wisata Alam dan Air Terjun, Desa Penembang di Bengkulu Tengah

Mengunjungi Pulau Salah Nama, dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Waktu tempuh dari dermaga menuju pulau tersebut lebih kurang memakan waktu satu jam. Soal transportasi tidak perlu khawatir, karena ada boat nelayan, yang senantiasa selalu setia menanti para penumpangnya di dermaga Pelabuhan Tanjung Tiram. Selama di perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan laut luas yang membentang. Sampan-sampan nelayan pun terlihat hilir mudik untuk mencari tangkapan ikan.

Terlepas dari namanya, pulau ini memiliki keindahan yang siap memanjakan mata Anda. Berbekal peralatan snorkeling, Anda bisa menyusuri air laut yang jernih, sambil melihat ikan dan terumbu karang cantik. Selain itu bagi yang hobi memancing, Anda bisa merasakan sensasi menangkap ikan di Pulau Salah Nama. 

BACA JUGA:Teri Lampung: Menyelami Kelezatan Ikan Khas Sumatera dan Makanan Olahannya

Hal yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi tempat ini adalah kegiatan menaiki puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, karena dari atas terlihat pemandangan yang luar biasa indah dari bentuk keseluruhan pulau ini. Anda juga tidak perlu khawatir pada terik matahari, karena Anda dapat berteduh di bawah rimbunnya pepohonan. Pada malam hari, pemandangan dari kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi, membuat suasana kian asyik dan romantis. Anda dapat duduk di pinggiran batu besar sambil bersantai bersama pasangan.

Indonesia memang negara yang memiliki pulau - pulau dengan pesonanya masing - masing. 

Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kelestarian pesona tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: