Kenali Ciri Agensi Penyalur TKI Abal-Abal Jika Ingin Bekerja di Malaysia, Ini Penuturan Staf KBRI Kuala Lumpur

Kenali Ciri Agensi Penyalur TKI Abal-Abal Jika Ingin Bekerja di Malaysia, Ini Penuturan Staf KBRI Kuala Lumpur

Adapun target yang dicari adalah warga yang kurang mampu, lugu, dan polos untuk ditawarkan bekerja di luar negeri.

Jika target yang dicari telah didapat, mereka akan melakukan aksinya dengan memberikan sejumlah uang terlebih dahulu sebagai tanda jadi.

Tanda jadi tersebut bertujuan untuk mengikat dan meyakini orang yang dikibuli tersebut.

Dengan demikian, si korban merasa yakin dan tak ada pilihan lain sehingga mau berangkat ke Malaysia melalui agensi tersebut.

Ciri selanjutnya adalah agensi terus-menerus mengucapkan janji manisnya, seperti gaji fantastis, kerjaan yang ringan, majikan baik, dan fasilitas memadai.

Namun, apa yang mereka katakan adalah suatu kebohongan belaka demi membuat korban merasa semakin yakin.

BACA JUGA:

Selain itu, ciri agensi ilegal yakni tidak memiliki prosedur yang jelas.

Mereka tidak menunjukkan identitas aslinya, di mana alamat tempat tinggal dan alamat kantornya dan tidak ingin menginterview si korban.

Kalaupun korban diajak ke suatu tempat yang diakunya sebagai kantor agensinya, tetapi tempat tersebut tidak terdapat satu pun slogan atau logo PT agensi tersebut.

Setelah itu korban tidak diberangkatkan lewat airport, melainkan melalui jalur darat Batam.

"Pasti hampir sebagian kasus TKI ilegal itu diberangkatkan melalui jalur Batam, baru ke Kuala Lumpur, entah di man pun kamu tinggal. Mau kamu tinggal di Jakarta, kamu akan disuruh ke Batam dulu baru ke Kuala Lumpur," ucap Riki.

"Padahal Jakarta ke Kuala Lumpur juga ada pakai pesawat terbang. Tapi ini kan jalurnya nggak resmi, jalur sesat, jadinya menyelundup ke Batam dulu pakai kapal ferry ke Kuala Lumpur," tambahnya.

BACA JUGA:

Yang pasti, ciri-ciri agensi ilegal tidak memberikan pelatihan atau pedoman untuk bekerja seperti agensi resmi lainnya, karena mereka tidak memiliki alamat kantor yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: