Mengenal Gunung Lawu dan Objek Wisata di Sekitarnya

Mengenal Gunung Lawu dan Objek Wisata di Sekitarnya

JAKARTA, RADARPENA - Gunung Lawu, menjadi destinasi wisata yang begitu indah dan menjadi kawasan wisata favorit wisatawan terutama para pendaki. Pesona alamnya begitu menjadi daya tarik wisatawan pendaki untuk datang dan menaiki gunung ini.

Selain Gunung Lawu yang menjadi objek wisata utama, ternyata ada objek objek wisata lain di sekitar Gunung Lawu yang menarik. Yuk caritahu lebih banyak mengenai Gunung Lawu dan objek wisata di sekitarnya!

GUNUNG LAWU

Memiliki nama yang berarti unggul, oleh masyarakat setempat disebut juga sebagai Wukir Mahendra Giri. Kata tersebut berasal dari bahasa Jawa, dan ketiganya memiliki arti yang sama yaitu gunung; sehingga dapat diartikan sebagai tiga gunung.

Hal ini sejalan dengan fakta bahwa gunung ini mempunyai tiga puncak besar, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.

BACA JUGA:Tempat Wisata Jepang Yang Populer Dan Paling Banyak Dikunjungi

Gunung Lawu memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten, yaitu Karanganyar di Jawa Tengah, Ngawi, dan Magetan di Jawa Timur.

Status Gunung Lawu saat ini adalah gunung api "istirahat" atau pasif, diperkirakan terakhir meletus pada tanggal 28 November 1885 dan telah lama tidak aktif, hal ini terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Meski begitu, di puncak Lawu, masih terlihat aktivitas vulkanik yang terlihat dari munculnya uap air dan belerang.

Di lereng gunung Lawu ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Beranjak sedikit ke bawah di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit, yaitu Candi Sukuh dan Candi Cetho.

BACA JUGA:Yuk Wisata ke Yogyakarta, Negeri yang Ramah, Penuh Pesona

OBJEK WISATA SEKITAR GUNUNG LAWU

Kamu dapat lebih mudah mengakses Gunung Lawu dari arah Jawa Timur lewat Kabupaten Ngawi dan Magetan, atau lewat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan berbagai objek wisata lainnya yang populer dan tentunya masih berdekatkan dengan Gunung Lawu.

1. TELAGA SARANGAN

Telaga Sarangan berada di wilayah Magetan, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Plaosan. Telaga yang mendapat julukan sebagai Telaga Pasir ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas pemukaan laut (mdpl). Telaga ini menjadi salah satu objek wisata populer di lereng bagian timur Gunung Lawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: