Film Biografi Sang Pembuat Bom Atom Terhadap Jepang – Oppenheimer

Film Biografi Sang Pembuat Bom Atom Terhadap Jepang – Oppenheimer

JAKARTA, RADARPENA - Oppenheimer adalah film biografi sejarah Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduseri oleh Christopher Nolan, Emma Thomas dan Charles Roven. Naskah film ini ditulis oleh Christopher Nolan berdasarkan buku American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Film ini dibintangi oleh Cillian MurphyEmily BluntMatt DamonRobert Downey Jr. dan Florence Pugh.

Film Oppenheimer merupakan film kolaborasi kedua Cillian Murphy dan Emily Blunt setelah film A Quiet Place: Part II. Film ini merupakan film kolaborasi kedua Emily Blunt dan Matt Damon setelah film The Adjustment Bureau. Film ini akan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 23 Juli 2023.

Film ini bercerita tentang seorang fisikawan teoretis bernama J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy), manajer Laboratorium Los Alamos saat melakukan Proyek Manhattan dan kontribusinya yang mengarah pada penciptaan bom atom, yang dimana akan melakukan prakteknya dan mencoba melakukan serangan nuklir di Hiroshima dan Nagasaki yang dimana memicu kematian populasi penduduk di tempat tersebut, dan serangannya menjadikan kedamaian perang dunia ke-2.

BACA JUGA:

Sinopsis

J. Robert Oppenheimer merupakan fisikawan di balik pembuatan senjata nuklir pertama dalam Proyek Manhattan pada era Perang Dunia II.

Sebelum menjadi fisikawan yang memimpin proyek itu, Oppenheimer merupakan mahasiswa Universitas Cambridge yang kemudian pindah ke Gottingen hingga mendapatkan gelar profesor.

Oppenheimer kemudian meneruskan kariernya sebagai dosen. Di sisi lain, ia mulai mendukung gerakan-gerakan reformasi hingga dicap sebagai salah satu anggota partai komunis meskipun ia terus membantah tuduhan itu.

Franklin D. Roosevelt yang pada 1939 sedang menjabat sebagai presiden Amerika Serikat khawatir dengen Jerman, yang berada di bawah kepemimpinan Adolf Hitler, sedang mengerjakan senjata nuklir.

Hal tersebut membuat Amerika Serikat mengembangkan senjata nuklirnya sendiri yang dimulai pada 1942. Pihak AS menggandeng sejumlah ilmuwan yang dipimpin oleh Oppenheimer dan di bawah arahan Jenderal Leslie Groves Jr. dalam proyek tersebut.

Proyek mencekam yang dikerjakan di Los Alamos, New Mexico, itu berubah ketika Hitler bunuh diri 30 April 1945. Amerika Serikat memutuskan untuk menjatuhkan bom atomnya ke Jepang, tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki.

Namun, terciptanya bom atom itu tidak lantas membuat Oppenheimer merasakan pencapaian. Hidupnya dihantui dan tetap menemui halang dan rintang usai menciptakan senjata mematikan tersebut.

Aktor Cillian Murphy dipercaya untuk menjadi pemeran utama film itu sebagai J. Robert Oppenheimer. Ini merupakan proyek pertama Murphy sebagai pemeran utama film Nolan setelah beberapa kali bekerja sama.

Selain aktor Cillian Murphy, Oppenheimer juga menggandeng sejumlah actor dan aktris ternama Hollywood. Emily Blunt ditunjuk untuk memerankan istri Oppenheimer yang bernama Katherine alias Kitty.

Matt Damon didapuk sebagai Jenderal Leslie Groves Jr. yang merupakan direktur Proyek Manhattan. Sementara, Robert Downey Jr. berperan sebagai Lewis Strauss, ketua Komisi Energi Atom (Atomic Energy Commission/AEC).

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Florence Pugh, Josh Hartnett, Rami Malek, Kenneth Branagh, Matthew Modine, Casey Affleck, Tom Conti, hingga Gary Oldman.

Oppenheimer ditayangkan di bioskop Indonesia sejak tanggal 19 Juli 2023.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: