Tempe Bacem, Sudah dikenal Sejak Era Kolonial

Tempe Bacem, Sudah dikenal Sejak Era Kolonial

JAKARTA, RADARPENA - Tempe bacem adalah makanan yang dibuat menggunakan bahan Tempe yang telah dilamuri bumbu-bumbu. Tempe bacem makanan khas orang Jawa. Tempe bacem sangat digemari dan telah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Nasi Gudeg Khas Yogyakarta  sering mencampurkan tempe bacem ke dalam nasinya.  Namun kadang-kadang tempe bacem juga enak langsung disantap tanpa ditambahkan nasi atau lainnya.

Juga warung-warung Tegal (Warteg) yang pernah populer di Jakarta era 90-an sebagai warung makan  harga yang terjangkau banyak menambahkan tempe bacem kedalam nasinya.

Tempe bacem ini padat gizinya karena bumbu-bumbu yang dipakai berasal dari alam. Selain itu tempe bacem ini, sangat nikmat rasanya dan cukup awet. Jika disimpan dengan baik paling tidak bisa bertahan sampai tiga hari

Berikut bahan dan bumbu-bumbu membuat Tempe Bacem

  • Tempe 500 gram
  • Gula merah 100 gram
  • Kemiri 2  buah
  • Ketumbar  1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara mengolahnya pertama-tama kemiri, ketumbar, bawang putih dan bawang merah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu masukkan ke dalam blender untuk  digiling sampai halus, dan dicampurkan gula merah.

Setelah itu masukkan juga asam jawa secukupnya, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya. Kemudian tambahkan juga daun salam sebanyak 3 lembar.

Setelah semua bumbu diaduk merata, barulah masukkan potongan-potongan tempe, dan direndam selama kurang lebih 10 menit , sampai bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi meresap kedalam tempe. 

Agar proses bumbu meresap lebih cepat dan masuk sampai ke bagian dalam , hendaknya tempa yang sudah dipotong empat persegi dan tebal itu, disayat-sayat secara vertikal atau horizontal, sambil tempe yang direndam ditekan –tekan dan dibolak-balikkan.

Setelah itu barulah tempe direbus sekitar 5 menit sampai mendidih atau tempe setengah matang. Setelah itu tempe bacem digoreng dan siap disajikan. Tempe bacem makanan khas dari Jawa ini, sudah diketahui pengolahannya sejak masa Kolonial. Dahulu makanan ini dicap sebagai makanan simbol kemiskinan, karena hanya di konsumsi oleh orang-orang Miskin

Tetapi dengan berjalannnya waktu, cap itu hilang sama sekali. Kini Tempe bacem sudah menjadkan makanan favorit semua kalangan, orang Miskin, orang kaya, masyarakat jelata sampai ke pejabat dan orang-orang besar menyukai tempe bacem. Alasannya selain rasanya enak , juga kandungan gizinya yang luar biasa tinggi. (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: