Tempe Bacem dari Jawa, Digemari Seluruh Indonesia

Tempe Bacem dari  Jawa, Digemari Seluruh Indonesia

JAKARTA,RADARPENA-Tahukah anda, tempe merupakan makanan asli dari Indonesia, utamanya dari Pulau Jawa.  Bahkan tempe sudah terkenal seantero dunia sebagai makanan dari Indonesia yang sangat digemari. Kalangan tua maupun muda dan anak—anak sangat menyukai tempe. Rasanya yang gurih dan nikmat salah sagtu alasanya.

Tempe dibuat menggunakan kacang Kedelai yang banyak tumbuh dilahan-lahan milik petani. Semakin berkualitas kacang kedelainya akan membuat tempe yang dihasilkan semakin baik.

Cara pembuatannya menggunakan tehnik ragi, alias fermentasi. Tempe sangat nikmat jika digoreng menggunakan minyak kelapa. Cara memasak tempe dengan digoreng sangat lazim. Bahkan tempe sering dibuat goreng tipis dan memakai tepung menjadi keripik tempe.

BACA JUGA:Resep Ayam Bakar Sederhana Rumahan

Ada tehnik lain untuk  mengolah tempe, yang dinamakan tempe bacem. Berbeda dengan keripik tempe, untuk tempe bacem biasanya dipotong lebih tebal empat persegi dan  direndam menggunakan bumbu-bumbu khusus beberapa saat setelah itu baru digoreng.

Tempe bacem biasanya dimakan bersamaan dengan nasi dan sayur-sayuran lain. Nasi Gudek khas dari Jogyakarta biasanya menambahkan tempe bacem, sebagai makanan tambahan. Sering juga warung-warung Tegal (Warteg) yang populer di Jakarta  sejak era 90-an juga menambahkan menu ini. Harganya yang murah , rasa makanannnya nikmat serta nilai gizinya yang tinggi membuat menu tempe bacem menjadi pilihan masyarakat umum

Berikut ini bumbu-bumbu untuk  membuat Tempe Bacem >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  • Tempe 500 gram
  • Gula merah 100 gram
  • Kemiri  2 biji

BACA JUGA:Baca Surat Al - Baqarah Ayat 1 - 10, Keutamaannya Akan Dijauhkan Dari Sihir

  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Bawang Putih 2 siung
  • Bawang Merah 3 siung
  • Garam secukupnya
  • Daun salam 3 lembar
  • Penyedap rasa secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • Asam Jawa secukupnya

Cara mengolahnya pertama cuci bersih dahulu, Kemiri, Ketumbar , bawang putih, dan bawang merah. Setelah semuanya dicuci selanjutnya tambahkan gula merah,di blender sampai halus. Masukkan juga kecap manis secukupnya, asam jawa secukupnya, garam secukupnya , penyedap rasa secukupnya. kemudian tambahkan daun salam sebanyak 3 lembar.

Setelah semu bumbu diaduk merata, barulah masukkan potongan-potongan tempe  dan direndam sekali kurang lebih 10 menit alias sampai bumbu-bumbu yang dihaluskan itu meresep ke dalam tempa. Agar proses peresapan lebih cepat, jangan lupa gores-goreskan tempa menggunakan ujung pisau.  Setelah semuanya selesai, tempe bacem nikmat siap digoreng hingga matang  dan  siap dihidangkan.

BACA JUGA:Yuk Intip! Link Pengumuman Hasil SNBT SNPMB 2023 Serta Cara Ceknya

Tempe bacem ini rasanya nikmat sekali, manisnya kecap dan gula merah akan berpadu dengan bumbu-bumbu. Selain nikmat rasanya tempe bacem juga kaya dengan kandungan gizi. Antaranya mengandung karbohidrat, lemak,  protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk  pertumbuhan terutama anak-anak. (iaa)**

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: