Kejati Bengkulu Gelar Donor Darah, HBA ke-63 dan HUT IAD keXXIII

Kejati Bengkulu Gelar Donor Darah, HBA ke-63 dan HUT IAD keXXIII

Kajati Bengkulu  Dr. Heri Jerman saat mendonorkan darah 

JAKARTA, RADARPENA - Peringatan Hari Bakti Adhyaksa (HBA) Ke-63 Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini XXIII  di Bengkulu berlangsung meriah serta digelar berbagai kegiatan sosial antaranya donor darah

Aksi Donor darah dari Insan Adhyaksa ditambah karyawan-karyawati, Mahasiswa se-Bengkulu dan ibu-ibu yang ada di Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan turut mewarnai dengan target perolehan darah untuk  kemanusiaan 100 Kantong. Menarik Kajati Bengkulu Dr. Heri Jerman, SH, MH turut menyumbangkan darahnya. Aksi Donor Heri Jerman rupanya bukan kali pertama tapi sudah dilaksanakannya rutin selama tiga puluh tahun.

‘’Sejak saya jadi Pegawai  30 tahun lalu di Kejaksaan mendonor sudah rutin saya lakukan, ‘’Kata Heri Jerman disela kegiatan donor kemarin (17/7).  Jumlah kantong darah dari Heri Jerman ini terbilang tidak sedikit.

BACA JUGA:Yuk Berkenalan Hotel Bintang 4 dan 3 di Bengkulu

Sesuai keterangan medis petugas donor, seseorang yang sudah rutin mendonor minimal dalam setahun bisa 4 kali menyumbangkan darah. Jumlah itu jika dikalikan dengan lama Heri Jerman mengikuti kegiatan donor selama ia bertugas di Kepenegakan Hukum Kejaksaan dan telah berkeliling se-Indonesia ini mencapai lebih dari 100 kantong.

Mendonor bagi Heri Jerman, adalah menolong diri sendiri dan orang lain, Melalui donor kita memperoleh badan dan tubuh yang sehat, sementara bagi kemanusian kita sudah menolong manusia lain yang membutuhkan darah. Heri Jerman mengaku sudah menyurati Rektor-rektor yang ada di Bengkulu agar mengirim   mahasiswa-mahasiswa yang secara sukarala mau mendonor.

Hasilnya memang terbukti utusan dari Unversitas Negeri maupun swasta di Bengkulu baik mahasiswa maupun mahasiswa datang mengikuti aksi donor darah yang berlangsung di Lantai 3 Aula Adhyaksa Kejaksaan Tinggi sejak pukul 09.00 sampai dengan selesai. Mudah-mudahan melalui donor darah ini, kita bisa kut membantu sesama, meraih keberkahan hidup karena telah membantu kelangsungan hidup manusia lain yang membutuhkan darah.

BACA JUGA:Transportasi di Bengkulu Mei 2023, Menanjak Tumbuh

Sebelum mendonor peserta diperiksa dulu kesehatannya, dan setelah dinyatakan layak mereka langsung bersiap diambil darahnya. Setelah proses mendonor selesai , para peserta mendapat makanan, susu dan obat penambah darah untuk  memulihkan staminanya.

Sementara itu Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) Klinik dan Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu Hendarini mengatakan, capaian 100 kantong ini tentu menggemberikan ditengah kebutuhan darah yang rata-rata 50 kantong per hari. ‘’Kalau bulanan kita sekitar 1500 kantong kebutuhan darahnya, ‘’ujarnya.

Meski begitu capaian realisasi bulanan PMI Bengkulu sebut dia belum 100 persen dari rata-rata kebutuhan alias baru diangka 1200 sampai dengan 1500 kantong.Oleh sebab PMI Bengkulu intens mencari pendonor-pendonor baru yang siap menyumbangkan daerahnya. Cara yang digunakan dengan terus menggalang kerjasama dengan instansi-Instansi , dinas-dinas yang menggelar kegiatan sosial seperti yang dilakukan Kejaksaaan Tinggi. ‘’Itu beberapa strategi yang kita lakukan untuk  meningkatkan capaian kantong-kantong darah kita, ‘’bebernya.  (iaa)***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: