Ketahui Jenis Golongan Darah Langka, Yuk Cek Faktanya di sini

Ketahui Jenis Golongan Darah Langka, Yuk Cek Faktanya di sini

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Golongan darah juga bisa memprediksi seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah dan yang daya tahan tubuhnya gampang terkena penyakit.

Seperti diketahui bahwa setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda - beda, dari golongan darah A, AB, B dan O.

Mengetahui jenis golongan darah sangat penting sebab agar darah dalam proses transfusi tidak memicu terjadinya reaksi yang berlawanan dari tubuh.

Yang umum diketahui banyak orang hanya ada empat jenis golongan darah seperti A, B, AB dan O.

Selain jenis itu sebenarnya ada 33 sistem golongan darah, namun hanya ada dua yang digunakan seperti sistem ABO dan RH posisif dan negatif.

BACA JUGA:

Golongan Darah Langka 

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber beberapa jenis golongan darah langka diantaranya sebagai berikut:

1. Golongan darah AB -

Taukah kamu bahwa di Indonesia ada sekitar 274 juta penduduk dan hanya sekitar 3 juta orang yang hanya memiliki golongan darah AB.

Golongan darah AB - memiliki persentase sekitar 0,36 persen populasi dunia.

Jenis golongan darah AB - ini merupakan golongan darah yang bisa menerima transfusi dari semua darah, namun golongan darah AB hana bisa transfusi darah ke pemilik yang sama.

Orang dengan golongan darah AB - cenderung memiliki orang tua yang masing-masing darahnya bergolongan darah A dan B, sehingga mewariskan golongan darah AB kepada anaknya. 

Golongan darah AB- dapat memberi ke AB- dan AB+, serta menerima transfusi dari AB-, A-, B-, dan O-.

2. Golongan darah B-

Golongan darah yang termasuk langka selanjutnya yaitu B-, golongan darah B Rh negatif, hanya dapat menerima darah dari B Rh negatif serta 0 Rh.

Golongan darah B- ini masuk ke tiga besar jenis golongan darah yang langka, bahkan golongan darah B- hanya dengan persentase 1,11 persen populasi manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: