Mengulas Gatekeeping, Kata-Kata Yang Viral Di TikTok

Mengulas Gatekeeping, Kata-Kata Yang Viral Di TikTok

Artinya : Tokoh publik pemberi pengaruh yang berjanji bahwa ia tidak akan merahasiakan sesuatu.

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari-hari

5. That one girl from you fyp who gatekeepers everything she uses. 

Artinya : Seorang perempuan dari laman internetmu yang merahasiakan di mana ia mendapatkan segala sesuatu yang ia kenakan.

6. Dia emang paling pinter gatekeeping. 

Artinya : Dia memang paling pintar menjaga rahasia.

Nah, itulah beberapa contoh penggunaan kata gatekeeping yang perlu diketahui. Urban Dictionary mendefinisikan gatekeeping dengan situasi ketika seseorang membatasi informasi yang dimilikinya dan menentukan siapa saja yang bisa mengetahui informasi tersebut.

Dengan melakukan gatekeeping, informasi itu akan lebih eksklusif dan tidak menjadi mainstream.

Sebagai contoh, seseorang menemukan cafe yang nyaman dan cocok untuk work from cafe. Agar cafe itu tidak ramai dikunjungi, ia pun memutuskan untuk tidak merekomendasikannya ke orang lain dan menyimpan informasinya untuk diri sendiri.

Istilah gatekeeping ini digunakan ketika seseorang ingin merahasiakan suatu informasi yang dimilikinya agar tidak diketahui orang banyak. Informasinya bisa apa saja, mulai dari informasi pribadi sampai rekomendasi tempat tertentu.

Selain itu, gatekeeping  juga bisa diartikan sebagai inklusivitas, yakni melarang orang lain untuk bergabung ke lingkungan pertemanannya dengan dalih pertemanan yang eksklusif. 

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai kata gatekeeping yang tengah viral di TikTok dan media sosial lainnya. Semoga bermanfaat.***

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: