Kucing Lynx, Fakta Menarik Dan Ciri - ciri

Kucing Lynx, Fakta Menarik Dan Ciri - ciri

JAKARTA, RADARPENA – Lynx adalah kucing soliter yang mendiami hutan utara terpencil di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Tubuh kucing lynx ditutupi dengan bulu tebal yang indah, yang membantu mereka tetap hangat selama musim dingin.

Ini 8 fakta menarik dari kucing lynx yang dikutip dari laman Cottage Life & National Geographic:

1. Kucing lynx memiliki telinga yang berjumbai. Salah satu ciri khas kucing lynx adalah telinga yang punya tambahan jumbai bak antena. Seperti halnya fungsi antena, ternyata rumbai di telinga kucing lynx ini dapat membantu meningkatkan pendengaran kucing lynx, lho.

2. Ukuran kucing lynx dua kali lebih ukuran kucing rumahan. Kucing lynx umumnya memiliki berat kisaran lima hingga tujuh belas kilogram.

BACA JUGA:Jenis Kucing Dan Harganya, Anda Pilih Yang Mana ?

3. Kucing lynx memiliki 'sepatu salju alami' di kakinya. Berbeda dengan kucing liar lainnya ataupun puma, lynx tidak tenggelam ke dalam salju. Lynx memiliki kaki yang panjang dan bulat serta jempol kaki yang diatur pada sudut lebar. Hal ini membantu mereka untuk tetap berada di atas salju. Dan hal ini membuat mereka lebih mudah untuk berburu di salju.

4. Kucing lynx berburu di malam hari. Lynx adalah satu hewan nokturnal, ia memiliki mata yang besar dan pendengaran yang luar biasa. Hal ini membantu mereka dalam hal berburu meskipun mereka memiliki stamina yang kurang dan tidak terlalu cepat.

5. Lynx adalah pemburu yang pemilih. Yang kita ketahui bahwa lynx memakan mangsa sebesar rusa atau burung dan mamalia kecil lainnya. Lynx lebih menyukai kelinci salju, dan ini merupakan 90 persen dari makanan mereka.

BACA JUGA:Jenis Kucing Yang Populer Di Indonesia

6. Kucing lynx menandai wilayahnya dengan urine. Kesamaan kucing lynx dengan kucing rumahan bukan hanya dari penampilan. Kucing lynx juga menandai wilayah mereka dengan urinenya.

7. Kucing lynx tidak membangun sarang. Sebaliknya, mereka hanya membuat rumah untuk anak mereka dengan bahan dari alam seperti batang kayu yang tumbang, membuat cekungan tanah yang dikelilingi oleh penutup yang rapat.

8. Kucing lynx adalah hewan soliter alias hidup cenderung sendiri dan tak berkelompok. Lynx betina yang biasanya melahirkan 1-4 anak kucing, akan membesarkannya sendiri tanpa keterlibatan jantan. Ada beberapa laporan yang melihat pasangan induk-anak lynx berburu bersama.

BACA JUGA:Menjaga Si Manis Tetap Aktif, Ini Makanan Sehat Untuk Kucing Anda

Anak kucing yang sudah berusia 10 bulan akan mandiri dan pergi mencari wilayah sendiri pada usia 20 bulan. Betina memiliki wilayah yang lebih kecil daripada jantan dan tidak berkeliaran jauh dari wilayahnya. Setelah lynx muda membangun wilayahnya sendiri, ia siap bereproduksi.

Ciri Unik Kucing Lynx

Ketika mengidentifikasi kucing sebagai lynx, hal utama yang dilihat bukanlah matanya melainkan telinga. Lynx dikenal sebagai kucing yang memiliki seberkas rambut hitam di ujung telinganya dan ekornya yang pendek atau bob.

Semua lynx memiliki jumbai ini, yang mana fungsinya masih belum diketahui secara pasti. Beberapa ilmuwan mendeteksi lynx menggunakan bulu telinganya seperti kumis untuk mendeteksi hal-hal di atas kepalanya. Ada juga pendapat yang menyebut bulu telinga ini untuk meningkatkan pendengaran.

BACA JUGA:Harapan Hidup Kucing, Bisa Sampai 20 Tahun Lho!

Kaki panjang dan ekor pendek adalah ciri lain dari kucing lynx. Kebanyakan lynx ditemukan di daerah yang sering memiliki lapisan salju yang dalam untuk jangka waktu yang lama, dan anggota badan mereka yang memanjang membantu mereka bermanuver melalui habitat. Rambut di bagian bawah cakarnya yang lebar juga memberikan daya tarik pada permukaan yang licin.***(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: