7 Minuman yang Ampuh dan Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dibuat!

7 Minuman yang Ampuh dan Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dibuat!

Ilustrasi minuman penurun kadar gula darah.--unsplash.com/ZlatkoDuric-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hiperglikemia merupakan kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal atau di atas 200 mg/dL. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama pada penderita diabetes atau obesitas. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah, mulai dari genetik hingga pola hidup yang tidak sehat. Maka itu penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah kesehatan

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Beberapa minuman dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Beberapa minuman yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah, seperti air putih, teh atau kopi tanpa gula, dan jus buah segar.

BACA JUGA:

Namun, minuman yang disarankan untuk dikonsumsi adalah minuman tanpa gula dan kalori yang tinggi agar kadar gula darah tetap stabil. Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa jenis minuman untuk menurunkan gula darah berikut ini. 


Ilustrasi kopi.--unsplash.com

Kopi

Kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Senyawa tanaman dalam kopi mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas, melindungi terhadap perkembangan penyakit hati berlemak, dan menjaga fungsi insulin.

Susu

Protein dalam susu sapi, seperti kasein dan whey, dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana konsumsi susu dapat mempengaruhi kadar gula darah secara keseluruhan.

Teh hitam

Teh hitam dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasi diabetes yang lebih rendah. Senyawa dalam teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan.


Ilustrasi teh hijau.-Foto: Pinterest.com-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: