11 Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

11 Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Ilustrasi daun pepaya.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun pepaya dikenal memiliki banyak manfaat, daun dengan cita rasa pahit ini telah lama digunakan sebagai bahan alami pada pengobatan tradisional, terutama di Asia dan Amerika Selatan.

Daun pepaya memiliki beberapa nutrisi yang membuatnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita dengan harganya yang relatif ekonomis.

Manfaat Daun pepaya untuk kesehatan telah dikenal dalam berbagai budaya sebagai tanaman yang memiliki beragam kemanfaatan. Selain buahnya yang terkenal dengan khasiatnya, daun pepaya juga menjadi sorotan dalam pengobatan tradisional dan pengobatan alami.

Daun pepaya mudah dikenali dan dipahami. Daun ini tunggal, besar, dan memiliki bagian-bagian lengkap seperti tangkai, helaian, dan upih. Bentuknya bulat seperti bola dengan ujung meruncing. Tangkainya panjang dan berongga. 

BACA JUGA:

Tulang daunnya menjari, menyebar dari bagian tengah tanaman ke segala arah. Daun ini terbentuk pada masa pertumbuhan tanaman.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang begitu melimpah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, tidak mengherankan jika daun pepaya banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Pepaya 

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Daun pepaya bisa kamu jadikan pilihan sayuran yang menyehatkan untuk sehari-hari. Kandungan daun pepaya antara lain vitamin B1, B3, dan C, serta kalsium. Daun pepaya juga mengandung serat dan protein untuk bantu memenuhi kebutuhan harian.

2. Mencegah Kanker 

Studi menunjukkan manfaat makan daun pepaya memiliki potensi untuk melawan sel kanker. Penelitian ini menyebutkan, manfaat makan daun pepaya memiliki efek menjanjikan terhadap jenis sel kanker payudara, kanker paru-paru, kanker serviks, dan kanker pankreas. Penelitian lebih lanjut tentunya dibutuhkan mengenai khasiat daun pepaya untuk kanker.

3. Menangani Gejala Diabetes

Beberapa penelitian menyatakan, daun pepaya bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini bisa membantu pasien diabetes tipe 2 untuk mengendalikan gejala agar tidak berujung komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: