Ayam Goreng Kalasan; Bersejarah, Manis Dan Gurih Berbaur Jadi Satu

Ayam Goreng Kalasan; Bersejarah, Manis Dan Gurih Berbaur Jadi Satu

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar Padang Yang Menggugah Selera Makanmu, Simak Yuk Cara Buatnya!

Ketika menikah dengan seorang pria bernama Djakiman, mereka tinggal di sebuah desa bernama Candisari yang ada di Kecamatan Kalasan, Yogyakarta.

Saat menikah dan dikaruniai enam orang anak, ada satu anak yang terlahir dengan sifat rewel dan suka menangis. Dalam Bahasa Jawa, kelakuan anak kecil tersebut bisa dikenal dengan istilah berek.

Untuk mencukupi kebutuhan hidup, Mbok berek membuka kedai ayam goreng dan ia membuat ayam goreng hanya dengan bumbu dan cara yang sederhana.

BACA JUGA:Menu Resep Rawon Kuah Hitam Yang Nimakt Dan Lezat, Cocok Untuk Disajikan Saat Kumpul Keluarga

Tapi, dari racikan tangannya, ayam goreng yang dibuatnya tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dengan kebanyakan rasa ayam goreng pada masa itu.

Hingga pada puncaknya sekitar tahun 1960-an kedai ini dikunjungi oleh Presiden Soekarno dan Mbok Berek kewalahan melayani pembeli yang akan datang.

Sayangnya, di tahun 1960-an juga kedai ini bangkrut dan warga yang tadinya bekera di kedai milik Mbok Berek akhirnya membuka kedainya sendiri-sendiri.

BACA JUGA:Resep Ikan Nila Asam Manis Pedas Dan Crispy Ala Resto Yang Mudah Dibuat, Dan Bikin Nikmat! Yuk, Simak !

Berawal dari kejadian tersebut ayam kalasan akhirnya menyebar luas dan menjadi salah satu varian dari ayam goreng khas Indonesia. ***(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: