Serawo Bengkulu, Kuliner dari Buah Durian

Serawo Bengkulu, Kuliner dari Buah Durian

JAKARTA,RADARPENA- Pohon durian di Pulau Sumatera , tepatnya diwilayah Sumbagsel, kini tengah berbuah. Masyarakat kerap memanfaatkan buah itu untuk  dijadikan panganan alias makanan pelengkap seperti bubur atau rebusan ketan berkuah sari durian.

Bukan itu saja, buah durian bisa juga dibuat sebagai lauk untuk  nasi. Namanya adalah tempoyak alias buah durian yang telah di fermentasi. Khusus untuk ketan masak berkuah sari durian diberi nama Serawo.

Salah satu provinsi di Sumbagsel adalah Provinsi Bengkulu. Provinsi  itu dikenal dengan bunga Rafflesianya . Masyarakatnya baik di kawasan pesisir atau di kawasan pegunungan terutama Kota bengkulu  mengenal sejenis makanan itu yang diberi nama Serawo.

Serawo adalah kuah buah durian yang diberi santan serta dicampur gula merah dan disajikan bersama ketan yang sudah direbus.  Serawo ini sangat nikmat rasanya. Biasanya sering disajikan sebagai makanan tambahan , saat  sedang musim buah durian.

BACA JUGA:Ayam Nanking, Masakan Ala Oriental Gurih dan Nikmat, Ini Resepnya

Berikut cara membuat Serawo>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

BAHAN-BAHAN 

  • Ketan putih  500 gram
  • Buah durian  2 buah yang matang
  • Gula Merah  250 gram
  • santan  500 ml
  • Gula putih 150 gram
  • Garam  1sendok teh

Cara mengolahnya

Mulai-mula ketan putih dicuci bersih, selanjutnya dimasak menggunakan panci atau wajan yang diberi tutup. Setelah setengah matang , selanjutnya di kukus menggunakan langseng atau dimasak dengan Magic com sampai benar-benar matang.

Setelah itu baru disiapkan kuah duriannya. Cara membuat kuah durian, Rebus santan sebanyak 500 ml.  Lalu aduk perlahan agar santan tidak pecah. Setelah rebusan santan  mulai mendidih masukkan gula merah dicampur gula putih.

Kemudian diaduk  kembali demean perlahan agar gula merah dan gula putih tercampur. Setelah itu  masukkan garam satu sendok teh dan masukkan buah durian berikut bijinya. Setelah dirasa cukup matikan kompor.

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar Padang Yang Menggugah Selera Makanmu, Simak Yuk Cara Buatnya!

Variasi lain dar Serawo adalah, buah durian tidak dimasak bersama kuah.  Tetapi langsung dimakan bersama dengan ketan masak dan disiram kuah santan gula merah ditambah gula putih. variasi ini sesuai selera. Rasa keduanya tetap nikmat

Cara penyajian

Masukkan  satu atau dua sendok ketan masak ke dalam piring. Setelah agak sedikit dingin, lalu tuangkan kuah santan durian ke dalam ketan. Serawo khas Bengkulu siap dinikmati.

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Mentega yang Enak dan Gurih, Yuk Simak!

Kuliner Serawo kaya akan gizi, karbohidrat dan kalori yang berguna bagi untuk  menghasilkan tenaga. selain itu Serawo juga kaya akan zat besi karena terdapat santan kelapa yang berfungsi untuk  membentuk sel darah merah (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: