Manfaat Dan Keutamaan Dalam Membaca Sholawat Jibril Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Dan Keutamaan Dalam Membaca Sholawat Jibril Untuk Kehidupan Sehari-Hari

JAKARTA, RADARPENA - Bacaan sholawat Jibril merupakan sholawat Malaikat Jibril saat memberikan pengajaran kepada Nabi Adam AS. Bacaan sholawat Jibril ini dapat memberikan berbagai manfaat dan keutamaan jika diamalkan dalam keseharian.

Disebutkan bahwa bacaan sholawat Jibril menjadi amalan yang baik untuk melancarkan rezeki. Bukan hanya itu, bacaan sholawat Jibril dapat menambah pahala dan meningkatkan iman serta takwa kepada Allah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut telah dihimpun bacaan sholawat Jibril beserta manfaat keutamaannya perlu dketahui adalah salah satu sholawat yang dapat muslim amalkan setiap hari adalah sholawat Jibril. Sholawat ini dinamai demikian karena malaikat Jibril yang pertama kali mengucapkannya.

Sholawat ini memiliki makna untuk memohon doa agar dilimpahkan segala rahmat dan kasih sayang Nabi Muhammad SAW. Sholawat kepada nabi merupakan salah satu amalan yang diperintahkan oleh Allah melalui Al-Qur’an. Dalam surah Al-Ahzab ayat 56, disebutkan bahwa Allah dan para malaikat-Nya juga turut bersholawat untuk nabi.

BACA JUGA:Ketahui! Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Dengan Lafaz Arab Serta Latin

Sebab, malaikat pun melakukan sholawat kepada nabi seperti tertuang dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU) berikut ini.

 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Berikut ini bacaan sholawat Jibril dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya :

Berikut bacaan sholawat Jibril yang kerap dinyanyikan sebagai lagu dari berbagai sumber.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallahu 'ala Muhammad

BACA JUGA:Pelajari! Doa Bercermin Sesuai Ajaran Islam, Lengkap Beserta Artinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: