6 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Simak Penjelasannya

6 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Simak Penjelasannya

JAKARTA, RADARPENA - Hidup sehat sepanjang hari dambaan setiap orang. Tetapi tidak semua manusia mengetahui bagaimana kiat-kiat agar hidup bisa sehat dan bugar.

Nabi Muhammad SAW sebagai panutan ummat Muslim memiliki cara khusus dalam menjaga kesehatannya. Tak ayal berkat hidup sehat itu, Rasulullah SAW sepanjang hidupnya tidak pernah mengalami sakit. 

Berikut ini beberapa tips sehat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada ummatnya agar mampu meraih hidup sehat. Dengan hidup sehat akan membuat aktifitas sehari-hari menjadi lancar.

BACA JUGA:Sopir Mainkan Lampu Sign di Malam Hari, Ketahui Maksudnya

1. Makanan

Makanan haruslah yang halal dan thoyyibah. Halal artinya terbebas dari unsur haram yang disyariatkan agama islam, sedangkan thoyibah artinya baik saat memperolehnya, atau mendapatkannya tidak dengan mencuri atau menipu atau dengan cara-cara yang tidak diridhoi Allah SWT.

2. Nabi Muhammad SAW melalui hadistnya yang terkenal pernah mengatakan, makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Makna hadist ini adalah, kita dianjurkan makan saat perut memang benar-benar sedang membutuhkan alias saat rasa lapar sudah tiba. Dengan tips ini akan terhindar dari selera makan yang sulit untuk ditahan. Kemudian berhentilah sebelum kenyang maksudnya, jangan masukkan makanan dengan cara berlebihan alias terlalu banyak. Ini akan membuat kerja organ-organ perut akan semakin lama dan  berat.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Tiadakan Car Free Day di Jalan Ahmad Yani

3. Tidur dengan cukup

Tips hidup sehat ketiga ala Rasulullah SAW adalah upayakan menyempatkan untuk  tidur sejenak baik sebelum waktu salat zuhur tiba atau sesudahnya setelah bekerja atau melakukan aktifitas sejak pagi hari . Tidur ini dinamakan tidur Qailulah. Lamanya antara 15 sampai 20 menit

4. Tidur tepat waktu

Tips hidup sehat keempat ala Nabi Muhammad SAW adalah, biasanya Rasulullah Muhammad SAW setelah melaksanakan salat Fardhu isya, tidak lagi melakukan aktifitas. beliau biasanya langsung tidur terkecuali ada kegiatan penting yang harus dikerjakan.

5. Bangun dini hari untuk Tahajud

Tips hidup sehat berikutnya adalah bangun malam untuk  mengerjakan salat Sunnah Tahajud. Biasanya Nabi Muhammad salat Tahajudnya lama sekali bisa antara 3 sampai 4 jam. Rata-rata beliau menghentikan aktifitas tahajud sekitar pukul 03.30 dini hari dan sudah memulai tahajud sejak pukul 11 malam.

BACA JUGA:Pemkot Bekasi Kerjasama Dengan Ruang Guru dalam Pelatihan Mempersiapkan Kerja Untuk Warga Kota Bekasi

6. Melakukan dzikir

Setelah melaksanakan salat tahajud Nabi Muhammad SAW akan tidur kembali, untuk  mengumpulkan kembali tenaga sebelum melaksanakan salat shubuh. Biasanya usai salat shubuh tidak tidur kembali. Melainkan melaksanakan zikir dan berdoa kepada Allah SWT sampat terbit matahari. Setelah itu beliau biasanya melakukan obrolan ringan bersama sahabat-sahabatnya dan melaksanakan olahraga alias menggerak-gerakkan tubuh untuk  melancarkan aliran darah.*** (iaa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: