Resep Kue Cucur Legit, Empuk dan Bersarang untuk Teman Ngeteh, Dijamin Anti Gagal

Jumat 11-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kue cucur adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Rasanya manis, legit, dan teksturnya empuk dengan bagian dalam yang bersarang. 

Kue cucur biasanya dijadikan teman ngeteh di sore hari atau sajian untuk acara-acara tertentu seperti arisan dan selamatan. Meski terlihat sederhana, kue ini membutuhkan teknik khusus agar hasilnya sempurna, legit, empuk, dan bersarang. 

Namun, dengan resep kue cucur yang tepat, dijamin anti gagal. Berikut akan kami bagikan resep dan cara membuat kue cucur yang bisa kamu coba di rumah sebagai camilan teman ngeteh atau untuk sajian acara spesial.

Kue cucur yang sudah matang memiliki cita rasa yang khas, perpaduan manis dari gula merah dan lembutnya tepung beras. Teksturnya yang bersarang dan empuk, membuat setiap gigitan terasa memanjakan lidah.

Yuk, simak resep kue cucur di bawah ini dan sajikan kue cucur hangat dengan teh manis atau kopi sebagai teman ngobrol di sore hari.

BACA JUGA:

Resep Kue Cucur

Dikutip Radarpena dari Instagram @nurani_sulis, inilah resep kue cucur legit enak yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya sendiri di rumah sebagai camilan.

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram terigu protein sedang
  • 130 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Langkah-langkah:

1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampai hangat.

2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yang telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk, lalu mixer dengan speed rendah selama 5 menit.

3. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental, bisa ditambah air sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental).

4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.

5. Tuang satu sendok sayur ke dalam minyak yang sudah panas. Siram-siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Kategori :