Asal-Usul Kata 'Sopir', Petualangan Sebuah Kata dari Perancis ke Indonesia

Sabtu 07-09-2024,14:40 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Terdengar sepele dan sering diucap, tapi tahukah kalian darimana asal usul kata sopir itu?

Sopir adalah kata yang sering diucap oleh orang yang menunjukan sebagai sebuah tugas atau pekerjaan.  Dan di masa sekarang ini sopir sudah menjadi sebuah lapangan pekerjaan bagi Sebagian orang.

Namun darimanakah asal-usul sopir itu berasal? daripada banyak bertanya-tanya, yuk simak asal-usul kata sopir yang ternyata dari kata Perancis.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut Truk Tanki di Plumpang Akibat Sopir Kena Serangan Jantung, Dishub Langsung Bertindak

BACA JUGA:Bentrok Sopir dan Driver Ojol di Kota Sukabumi Viral di Media Sosial, Ini Penyebabnya

Dari Perancis ke Indonesia

Kata sopir sebenarnya merupakan serapan dari bahasa Perancis, yaitu "chauffeur". Dalam bahasa Inggris, kata ini juga digunakan dengan ejaan yang sama. 

Istilah chauffeur awalnya merujuk pada seseorang yang dipekerjakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor, terutama mobil mewah atau sedan. 

Jadi, seorang chauffeur bukan hanya sekedar pengemudi, melainkan memiliki keahlian khusus dan seringkali bekerja untuk orang-orang penting.

Mengapa menjadi sopir?

Ketika bahasa Perancis masuk ke Indonesia, terutama pada masa penjajahan Belanda, kata "chauffeur" mengalami adaptasi dan pelafalan yang disesuaikan dengan bahasa Indonesia. 

Proses adaptasi ini menghasilkan kata sopir yang kita kenal sekarang. Perubahan ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

1. Kemudahan pengucapan

Bahasa Indonesia cenderung menyederhanakan kata-kata asing agar lebih mudah diucapkan.

2. Pengaruh dialek local

Kategori :