Stop! Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini saat Perut Kosong: Auto Picu Asam Lambung Tinggi

Kamis 05-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Viza Aulia Zahra
Editor : Putri Indah

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memulai hari dengan sarapan yang tepat adalah kunci untuk menjaga energi dan kesehatan tubuh. 

Namun, tidak semua makanan dan minuman baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. 

Beberapa di antaranya justru dapat menyebabkan masalah pencernaan, meningkatkan asam lambung, atau mengganggu keseimbangan tubuh.

Untuk itu, memulai hari dengan makanan yang tepat berguna dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sehingga akan berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan hidup Anda untuk waktu yang lama.

Dilansir dari laman Times of India pada Kamis 5 September 2024, berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.

1. Buah yang Asam

Meskipun buah yang asam seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali mengandung banyak vitamin dan antioksidan penting, buah-buahan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. 

Keasaman yang tinggi pada buah-buahan ini dapat mengiritasi lapisan lambung, yang menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri pada ulu hati, dan bahkan gastritis. 

Sebaiknya, buah jeruk dinikmati setelah makan atau dipadukan dengan makanan lain untuk menetralkan keasamannya.

2. Kopi

Banyak orang memulai hari dengan secangkir kopi, tetapi minum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan beberapa masalah. 

Kopi merangsang produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan gastritis atau tukak lambung jika sering dikonsumsi saat perut kosong. 

Selain itu, kafein dalam kopi dapat meningkatkan perasaan cemas dan mengganggu kadar kortisol alami Anda, yang penting untuk menjaga keseimbangan energi dan stres sepanjang hari.

3. Minuman Bersoda

Kategori :