Tips Perawatan Murah Motor Matic agar Tahan Lama dan Performa Meningkat

Selasa 20-08-2024,15:20 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Dimas Satriyo

Fungsi V-belt pada motor matic adalah menggantikan rantai pada motor konvensional. Keduanya sama-sama menghubungkan antara mesin dengan roda belakang.

V-belt yang kurang baik akan menyebabkan motor tidak dapat melaju dengan baik. Sebaiknya ganti V-belt apabila sudah terlihat aus.

BACA JUGA:

4. Memanaskan Mesin Sebelum Berkendara 

Mungkin ada anggapan, memanaskan mesin sebelum berkendara hanya untuk motor lama atau konvensional. Namun, memanaskan mesin selama beberapa menit sebelum berkendara bisa membuat motor matic Anda tahan lama dan meningkatkan performa.

5. Memeriksa Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin pada ban akan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Tekanan yang kurang atau berlebih juga akan menyebabkan kondisi ban tidak maksimal.

Ukuran tekanan ban biasanya tertera di badan ban atau Anda bisa membaca buku manual motor Anda.

6. Tidak Membawa Beban Berlebih

Membawa beban yang terlalu berlebihan akan mempengaruhi transmisi motor matic Anda. Selain itu, membawa beba berat pada motor akan mengurangi stabilitas dalam berkendara.

BACA JUGA:

7. Melakukan Servis Berkala

Servis berkala sebaiknya dilakukan pada bengkel resmi motor matic Anda. Mekanik akan memeriksa seluruh komponen motor dan mengganti komponen yang sudah lama.

Melakukan servis berkala akan menyelamatkan Anda dari kerusakan komponen yang membutuhkan dana yang lebih besar.

Tips Tambahan

Selain tips diatas, ada satu tambahan tips lagi, yaitu gunakan bahan bakar dengan nilai oktan 90 atau lebih. Ini akan membuat pembakaran di ruang mesin lebih bersih dan motor matic anda semakin bertenaga.

Kategori :