Yuk Intip Cara Buat Minuman Sehat dari Sirup Jahe, Minuman Tradisional Banyak Khasiat

Sabtu 10-08-2024,08:23 WIB
Reporter : Nia Audina
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sirup jahe yang tak hanya bermanfaat terhadap saluran pencernaan, namun jahe juga berkhasiat membantu mengurangi nyeri pada beberapa kondisi penyakit, seperti radang sendi (osteoartritis), nyeri akibat menstruasi (dismenore), dan nyeri punggung bawah (low back pain).

Minuman jahe juga dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Dengan rasa yang hangat dan sedikit pedas, minuman ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. 

Jahe juga termasuk jenis tanaman rimpang yang mengandung berbagai macam nutrisi, seperti serat, mineral, vitamin, dan lain sebagainya.

Karena kandungan-kandungan tersebut, jahe dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh?

Jahe juga dapat membantu meringankan sakit kepala seperti migrain. 

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Membuat Minuman Sehat Sirup Jahe: Sajian Tradisional yang Penuh Khasiat

BACA JUGA:4 Manfaat Sereh dan Jahe untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Ampuh Melancarkan Sirkulasi Darah

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber beberapa manfaat dari sirup jahe yang wajib kamu ketahui:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman jahe hangat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Sifat anti-mikroba dalam jahe juga membantu melindungi tubuh dari berbagai patogen.

Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Jahe memiliki efek analgesik alami yang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita kondisi seperti arthritis.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Kategori :