Kerap Kali Diabaikan, Kenali Gejala Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Jarang Diketahui

Sabtu 03-08-2024,14:03 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penyempitan pembuluh darah ini bisa terjadi pada siapa saja, baik di usia tua maupun usia muda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui gejala penyempitan pembuluh darah seperti apa saja yang kerap dirasakan. 

Pembuluh darah merupakan organ menyerupai selang yang terdapat di seluruh tubuh, mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Fungsi utama pembuluh darah adalah mengatur tekanan darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. 

Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi secara alami saat mengatur pasokan darah dan tekanan darah pada bagian tubuh tertentu.

Pembuluh darah juga bisa menyempit ketika kamu berada di tempat yang dingin atau ketika suhu tubuh menurun secara drastis.

BACA JUGA:

Ketika terjadi penyempitan pembuluh darah, pasokan darah menjadi lebih lambat, namun tekanannya menjadi lebih besar. Selain faktor-faktor di atas, penyempitan pembuluh darah juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal, antara lain:

Kaki atau tangan yang terasa dingin

Kaki dingin dapat disebabkan oleh Penyakit Arteri Perifer (PAD). Masalah ini terjadi ketika arteri yang menyempit mengurangi aliran darah ke anggota tubuh. Penyembuhan luka yang buruk atau denyut nadi yang lemah di kaki juga merupakan tanda yang perlu diperiksa pada dokter. Selain itu, kehadiran PAD dapat menunjukkan bahwa ada penyakit arteri yang lebih luas di tubuh yang dapat mempengaruhi otak atau jantung yang menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Kondisi psikologis

Kondisi psikologis, seperti stres, juga dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih sempit sehingga memengaruhi peredaran darah. Kondisi ini biasanya juga memengaruhi kinerja saraf, sehingga membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Nyeri punggung bagian bawah

Gejala nyeri punggu bagian bawah ini merupakan tanda serius yang tak boleh disepelekan, Ketika aliran darah ke punggung bawah berkurang, maka cakram antara tulang belakang menjadi rapuh dan menyebabkan saraf terjepit yang menyakitkan. Ya, ini merupakan gejala pertama orang-orang dengan pembuluh darah yang tersumbat.

Hipotermia

Tubuh yang terpapar suhu dingin terlalu lama bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan hipotermia. Ketika Anda kedinginan, tubuh akan menggigil untuk merangsang aktivitas otot dan menghasilkan panas tubuh. Penyempitan pembuluh darah berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

BACA JUGA:

Kategori :